Sekda Tegaskan Pemerintah Harus Dorong Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik di Samosir

* Kadisdikpora Samosir akan Dipanggil

1.171 view
Sekda Tegaskan Pemerintah Harus Dorong Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik di Samosir
Foto: Ist/harianSIB.com
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Samosir Hot Raja Sitanggang.

Samosir (SIB)

Menyikapi pernyataan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Kadisdikpora) Kabupaten Samosir Jonson Gultom, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Samosir Hot Raja Sitanggang menegaskan seluruh stakeholder pembangunan harus berkolaborasi memajukan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Samosir, termasuk mendorong peningkatan mutu dan kualitas tenaga pendidik (guru).


Demikian ditegaskan Hot Raja saat ditemui SIB, Senin (19/9), di ruang kerjanya.


"Investasi terbesar itu SDM. Baik guru, peningkatan mutu dan kualitas kompetensinya wajib didukung pemerintah," tegas Hot Raja.


Dia menduga terucapnya pernyataan Kadisdikpora seperti itu adalah sepenggal akibat keterbatasan anggaran Disdikpora Samosir saat ini sebesar Rp 9,6 miliar.


"APBD Samosir hanya Rp 852 miliar. Saya tafsirkan, Kadis menanggapinya sepenggal karena keterbatasan anggaran di Dinas Pendidikan," sebut Hot Raja.


Kendati demikian, Hot Raja selaku pimpinan ASN Kabupaten Samosir saat ini yang menginginkan program unggulan Bupati/Wakil Bupati Samosir tercapai, khususnya di point program peningkatan kemampuan guru, inisiasi sekolah, vokasi/akademisi, komunitas serta pemberian beasiswa yang secara mendasar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Samosir melalui SDM.


Hot Raja menyebut, akan melakukan pemanggilan rapat koordinasi antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) atas pernyataan Kadisdikpora tersebut.


"Akan ada rapat koordinasi. Sebagai Sekda, saya akan tanyakan langsung kepada Kadis pernyataan itu, sekaligus program pendidikan yang sudah terealisasi tahun ini juga dibahas di sana nanti," ujar Hot Raja.


Dia yang mengetahui beredarnya informasi di awal Oktober mendatang, Kadisdikpora Samosir bakal dipanggil pihak Komisi I DPRD Samosir guna mengklarifikasi pernyataan Jonson Gultom.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com