Terkait Pernyataan Bupati Samosir Tentang Kebakaran Hutan di Samosir

Sekdaprovsu Sabrina: Walaupun Kewenangan di Provinsi, Pemkab Tidak Boleh Lepas Tangan


223 view
Medan (SIB) -Sekdaprovsu Sabrina meminta Pemkab Samosir tidak lepas tangan, walaupun kewenangan penanganan hutan ada di Provinsi Sumut. "Saat ini memang penanganan dan pengawasan hutan di wilayah Sumut sudah diserahkan kepada Pemprovsu dan penanganannya di bawah Dinas Kehutanan Pemprovsu," kata Sabrina kepada wartawan, Selasa (14/8) di kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan.

Hal itu disampaikan Sekdaprovsu terkait pernyataan Bupati Samosir Rapidin Simbolon, yang mempertanyakan tanggung jawab dan perhatian Pemprovsu tentang maraknya kebakaran hutan dan lahan di bawah kaki Gunung Pusuk Buhit dan beberapa kecamatan lainnya di Kabupaten Samosir. Apalagi dia membenarkan, maraknya kebakaran hutan dan lahan di Samosir disebabkan pembukaan lahan baru, membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan. 

Sabrina sangat berharap Pemkab Samosir turut membantu, baik pemerintahan di  kecamatan, pedesaan dan terutama warganya. Apalagi daerah itu merupakan daerah Pemkab Samosir sendiri. "Andaikan terjadi kebakaran, yang lebih dulu tau kan adalah aparat desa setempat," ujarnya.

Demikian halnya tetang faktor alam lanjut dia, Pemkab Samosir juga harus mengantisipasinya, seperti saat ini terjadi musim kemarau. Tentu rawan kebakaran hutan dan peran Pemkab Samosir melalui Badan Penanggulangan Bencana tentu sangat diharapkan untuk mengantisipasinya.

Menurut dia, jika kemarau panjang terjadi, kebakaran hutan di kawasan Danau Toba akan sering terjadi. Itu juga harus diwaspadai oleh pihak Pemkab Samosir melalui Badan Penanggulangan Bencana Pamkab Samosir. "Artinya bagaimana kita bersama mencegah kebakaran itu, dan kita harus saling membantu. Sebab kalau musim kemarau terjadi angin juga sangat kencang. Sedikit saja ada percikan api, maka akan cepat merambat lebih luas. Karenanya kita harus bersama-sama menjaga supaya kebakaran itu jangan terjadi," ujarnya.

Sementara itu lanjut dia, negara Indonesia saat ini menjadi tuan rumah Asian Games. Jangan sampai pula ada kebakaran yang sangat besar terjadi menyebabkan terganggunya kegiatan Asian Games di Palembang dan Jakarta. Sebab Sumut relatif dekat dengan Palembang dan Jakarta. "Makanya kita mengimbau kepada masyatakat di Samosir dan daerah lainnya, Pemkab/Pemko, aparat kepolisian, TNI untuk bersama-sama menjaga, supaya kebakaran jangan terjadi di daerah masing-masing. Pemprovsu dan Kabupaten/Kota harus berkoordinasi dan berbuat apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran. Lebih baik mencegah daripada memadamkannya," ujar Sabrina. (A11/l)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com