Seminar di Belanda, Megawati : Pancasila Penting Lindungi Ideologi WNI di LN


241 view
Seminar di Belanda, Megawati : Pancasila Penting Lindungi Ideologi WNI di LN
(ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Kepada para calon perwira TNI, Megawati mengingatkan pentingnya TNI dalam wujudkan nilai-nilai Pancasila. 

Jakarta (SIB)

Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri membuka Seminar Pancasila bertajuk 'Bung Karno, Pancasila dan Jiwa Bangsa Indonesia' yang diselenggarakan di Kota Eindhoven, Belanda secara virtual. Dalam sambutannya, ia menekankan tentang pentingnya perlindungan dari pengaruh ideologi lain, termasuk bagi WNI yang berada di luar negeri.

"Salah satu janji negara sebagaimana termaktub dalam alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah melindungi bangsa dan segenap tumpah darah Indonesia. Salah satu hal yang harus dilindungi negara itu adalah perlindungan warga negara Indonesia dari segala kemungkinan pengaruh ideologi-ideologi bangsa lain termasuk terhadap warga negara Indonesia yang berada dan tinggal di luar negeri," tegas Megawati dalam keterangannya, Minggu (26/6).

Oleh karena itu, Megawati menyambut baik penyelenggaraan Seminar Pancasila bagi masyarakat Indonesia di luar negeri ini. Ia berharap di manapun warga Indonesia berada, hendaknya nilai-nilai Pancasila harus tetap dibawa dan senantiasa melekat dalam pikiran, hati, dan jiwa.

"Ini harus dicamkan karena kita telah bersepakat bahwa Pancasila adalah falsafah dan ideologi negara, pemersatu bangsa Indonesia, perjanjian luhur pendiri bangsa, dan menjadi cita-cita bangsa Indonesia," jelasnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung Sabtu (25/6) itu, turut hadir Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah sebagai narasumber. Basarah menjelaskan, sejatinya Pancasila adalah ideologi perdamaian bagi bangsa Indonesia dan bagi bangsa-bangsa lainnya di muka bumi.

Menurutnya, jika diamalkan dalam praktik berbangsa dan bernegara, Pancasila akan menciptakan perdamaian dalam masyarakat Indonesia dan dalam tatanan masyarakat dunia.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com