Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Senegal Membara, Vonis Penjara Tokoh Oposisi Picu Bentrokan 9 Orang Tewas

Redaksi - Sabtu, 03 Juni 2023 08:53 WIB
247 view
Senegal Membara, Vonis Penjara Tokoh Oposisi Picu Bentrokan 9 Orang Tewas
(Foto: Antara/Reuters/Zohra Bensemra)
SENEGAL MEMBARA: Mahasiswa dan pendukung pemimpin oposisi Senegal Ousmane Sonko bentrok dengan aparat keamanan, setelah Ousmane Sonko dijatuhi hukuman penjara di Dakar, Senegal (1/6). 
Dakar (SIB)
Senegal membara, bentrokan demonstran terjadi usai tokoh oposisi di negara itu dijatuhi vonis penjara dua tahun atas kasus pelecehan seksual.
Akibat bentrokan tersebut, sembilan orang dilaporkan tewas. Dilansir AFP dan Reuters, Jumat (2/6) Menteri Dalam Negeri Senegal, Antoine Diome mencatat kerusakan bangunan dan kematian warga akibat bentrokan.
"Dengan sangat menyesal kami mencatat bahwa kekerasan telah menyebabkan penghancuran properti publik dan pribadi, dan sialnya, ada sembilan kematian di Dakar dan Ziguinchor," kata Diome dalam siaran persnya di televisi nasional.
Bentrokan terjadi antara polisi anti huru hara dan pendukung pemimpin oposisi Ousmane Sonko setelah pengadilan menjatuhkan hukuman dua tahun penjara. Putusan tersebut memicu keraguan publik soal peluang Sonko maju dalam pilpres tahun depan.
Sonko (48) tidak menghadiri sidang atas tuduhan pelecehan seksual tersebut. Kementerian Kehakiman mengatakan pemimpin oposisi itu sekarang bisa dijebloskan ke penjara kapan saja.
Sementara itu, polisi tetap ditempatkan di sekitar rumahnya di Dakar saat kerusuhan berkobar di ibu kota dan di tempat lain setelah vonis.
Sonko dituduh memperkosa seorang wanita yang bekerja di panti pijat pada tahun 2021. Sonko juga dituding melakukan ancaman pembunuhan terhadap wanita itu. Sonko membantah melakukan perbuatan itu dan menyebut tuduhan itu bermotif politik.
Pengadilan pidana membebaskan Sonko dari tuduhan pemerkosaan, tetapi memutuskan dia bersalah atas pelanggaran terpisah yang dijelaskan dalam hukum pidana sebagai perilaku tidak bermoral terhadap individu yang berusia di bawah 21 tahun.
Putusan tersebut pun memicu bentrok yang tidak terhindarkan. Sembilan orang tewas dalam protes yang terjadi di beberapa bagian Dakar dan kota-kota lain setelah putusan itu.
Sebelumnya, asap hitam tebal mengepul dari kampus satu universitas di Dakar, tempat pengunjuk rasa membakar beberapa bus pada sore hari dan melemparkan batu ke arah polisi anti huru hara yang membalas dengan menembakkan gas air mata. (AFP/Rtr/detiknews/c)




Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Iran Hukum Gantung Tokoh Oposisi Ruhollah Zam
komentar
beritaTerbaru