Situs PPDB Dianggap Eror, Orang Tua Siswa Geruduk Kantor Disdik Sumut

* Disdik Sumut: Cache Ponsel Belum Dihapus

259 view
Situs PPDB Dianggap Eror, Orang Tua Siswa Geruduk Kantor Disdik Sumut
Datuk/detikcom
Orang tua siswa geruduk kantor Disdik Sumut gegara situs PPDB Sumut eror.
Medan (SIB)
Situs untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Sumatera Utara (Sumut) eror. Sejumlah orangtua siswa pun mendatangi Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut.

Pantauan di kantor Disdik Sumut, Selasa (8/6), tampak para orang tua siswa ramai-ramai datang untuk mempertanyakan situs yang eror. Mereka kemudian dikumpulkan di aula kantor.

Mereka mengeluhkan situs PPDB Sumut ke pegawai Disdik. Para pegawai yang bertugas terlihat memberi arahan ke orang tua siswa sesuai dengan keluhan yang dialami saat hendak mendaftarkan anaknya.

Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut Abyadi Siregar, juga terlihat memantau di Disdik Sumut. Dia terlihat mendengarkan laporan dari orang tua siswa.

Salah satu orang tua siswa, Mery Ginting, mengatakan, dirinya datang ke Disdik Sumut untuk mencari solusi terkait pendaftaran anaknya. Dia mengaku ada masalah saat proses pendaftaran.

"Pertama kita sudah melakukan pendaftaran, anak saya dari prestasinya, ikut jalur prestasi. Ternyata setelah saya print bukti registrasi yang keluar itu jalur afirmasi. Kan itu nggak nyambung," sebut Mery.

Mery telah melakukan komplain ke sekolah yang dipilihnya. Namun, katanya, pihak sekolah tidak memberi jawaban sehingga dia datang ke kantor Disdik Sumut.

"Jadi kita sudah komplain ke SMA 1 (Medan) belum ada jawaban. Jadi hari ini, hari kedua kita coba lagi ternyata pilihan SMA 1 larinya ke SMA 2. Sampai 10 kali kita ulangi terus. Dah didata semua historinya, masih tetap sama," sebut Mery.

Mery berharap anaknya tetap bisa mendaftar pada jalur prestasi. Namun, sejauh ini pendaftaran itu belum tercapai lantaran sistem yang kurang baik.

"Jalur prestasi, anak saya sesuai dengan nilainya di rapor. Makanya kita pakai jalur prestasi akademik tapi belum tercapai sementara besok sudah tutup pendaftarannya," sebut Mery.

Belum Dihapus
Sementara itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Utara (Sumut) angkat bicara mengenai keluhan orang tua siswa terkait situs PPDB di Sumut yang disebut eror. Disdik Sumut pun membantah tuduhan itu.

Sekretaris PPDB Disdik Sumut, Suhendri, menganggap masyarakat belum memahami sepenuhnya cara mengoperasikan situs PPDB tersebut.

"Pada prinsipnya yang sedang hari ini terjadi adalah sebagian besar ada kesalahan dalam menggunakan alat komunikasi, kebanyakan ada yang menggunakan handphone, kemudian cache atau history yang ada di handphone itu tidak dihapus sehingga masyarakat mengalami kendala di situ, itu saja sebenarnya," kata Suhendri kepada wartawan di Kantor Disdik Sumut, Selasa (8/6).

Suhendri menuturkan, pihaknya akan terus mengedukasi masyarakat. Disdik, terang Suhendri, tidak akan merugikan calon peserta didik.

"Intinya orang tua hadir hari ini kita akan support untuk membantu edukasi, karena mungkin khawatir kita memang ada kendala didigitalisasi. Karena itu kita coba lakukan edukasi hari ini membantu masyarakat untuk bisa akses. Tapi intinya dari permasalahan ini dinas pendidikan tidak akan pernah merugikan calon peserta didik sehingga kita berharap hari ini masalah-masalah yang sedang dihadapi bisa diclearkan dan masyarakat kita harapkan yang hadir hari ini bisa menjadi corong untuk menyampaikan ketika ada kendala yang sama dialami mereka alami hari ini," ujar Suhendri.

Di kesempatan yang sama, Suhendri menjelaskan soal ketidaksesuaian pilihan sekolah dengan hasil dari situs tersebut. Sebagai contoh, beberapa orang tua siswa kebingungan lantaran memilih sekolah A pada situs PPDB, namun hasil akhir yang tertulis malah sekolah B.

Selain itu, Suhendri menjelaskan masyarakat yang hadir di kantor Disdik Sumut bukan saja mengeluh soal aplikasi, melainkan masih banyak yang belum tahu tentang aplikasi tersebut. (detikcom/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com