TNI AL Gagalkan Penyelundupan 1.075 Gram Sabu Asal Malaysia


174 view
TNI AL Gagalkan Penyelundupan 1.075 Gram Sabu Asal Malaysia
(Dok. Lanal Dumai)
Konferensi pers mengenai penangkapan terduga pelaku penyelundupan sabu dari Malaysia.
Belawan (SIB)
Petugas Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai gagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu kurang lebih seberat 1.075 gram, diduga berasal dari Malaysia yang akan dipasok ke Indonesia melalui Perairan Sepahat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Jumat (28/5).

Selain itu, pihak TNI AL juga meringkus seorang pria, SK (50) asal Pekanbaru, yang mencoba kabur saat akan dilakukan penangkapan.

Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan melalui siaran persnya yang diterima wartawan Jumat malam dari pihak Dispenal Koarmada I menyebutkan, penangakapan SK dan barang bukti sabu tersebut berawal ketika petugas gabungan TNI AL menerima informasi adanya upaya penyelundupan narkoba dari Malaysia melalui jalur laut di sekitar perairan Sepahat, Bengkalis dengan menggunakan speed boat jenis pancung.

Menyikapi informasi tersebut, Tim Gabungan TNI AL Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Dumai, kemudian melakukan pengintaian.

Selanjutnya, Kamis malam (27/5), terdeteksi suara mesin kapal dan pihak TNI AL melihat sebuah speed boat dengan kecepatan tinggi bergerak dari arah Utara perairan Selat Malaka menuju perairan Sepahat.

Kemudian Tim F1QR bergerak mencoba mendekat, namun speed boat yang dicurigai tersebut menghindar sehingga terjadi aksi pengejaran.

Dalam satu kesempatan, terlihat satu penumpang speed boat melompat ke laut dan berenang menuju pantai membawa tas gendong, kemudian membuang sebuah bungkusan atau kantong plastik.

Sedangkan speed boat dan sejumlah penumpangnya, kabur dengan kecepatan tinggi kearah Selat Malaka, menghindari kejaran Tim Gabungan F1QR Lanal Dumai.

Disebutkan, atas gerakan yang dilakukan para terduga penyelundup narkoba tersebut petugas TNI AL memutuskan untuk mengejar dan meringkus SK yang melarikan diri ke pantai.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap bungkusan yang dibawanya ditemukan satu bungkus kemasan teh China berisi benda berwarna putih seberat 1.075 gram, dan setelah dilakukan pengujian dan identifikasi di Laboratorium Bea dan Cukai Dumai dinyatakan mengandung methamphetamine dalam bentuk sabu.

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI A Rasyid SE MM mengatakan, penangkapan pelaku yang diduga membawa narkoba jenis sabu di Perairan Sepahat, Bengkalis tersebut merupakan analisa laporan intelijen yang ditindaklanjuti unsur patroli rutin F1QR Lanal Dumai, serta merupakan salah satu upaya TNI AL dalam mencegah segala bentuk tindak pidana dan pelanggaran lewat laut termasuk penyelundupan narkoba.

Disebutkan, terhadap sejumlah kawasan perairan yang rawan atau dimanfaatkan pihak tertentu menjadi jalur penyelundupan khususnya narkoba, TNI AL meningkatkan intensitas kehadiran KRI dan KAL.

Hal tersebut merupakan implementasi arah kebijakan Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono SE MM, yang berkomitmen memberangus segala bentuk tindak pidana dan pelanggaran di laut yurisdiksi nasional.
Guna pengusutan lanjut, SK berikut barang bukti diamankan di Denpomal Lanal Dumai. (A9/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:TNI AL
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com