Talkshow Prodi Fakultas Ekonomi, Pemkab Taput Akui SDM Lulusan UNITA Unggul


915 view
Talkshow Prodi Fakultas Ekonomi, Pemkab Taput Akui SDM Lulusan UNITA Unggul
(Foto SIB/Dok)
TALKSHOW: Dekan Fakultas Ekonomi UNITA Joan Berlin Damanik SSi, MM bersama PR I Talenta Marbun SE, MSi yang juga Ketua Panitia PMB TA 2021/2022 dan lainnya foto bersama Kepala BKD Taput Drs Erikson Siagian MSi, anggota DPRD Humbahas Manaek Hutasoit dan alumni di sela-sela acara talkshow di Radio Anugerah FM, Rabu, (4/8). 
Tapanuli Utara (SIB)
Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mengakui Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA) tidak kalah saing dengan lulusan universitas lain.

"Buktinya, penerimaan CPNS Formasi tahun 2018 di Pemkab Taput ada tiga orang lulusan UNITA yang lolos menjadi CPNS padahal mereka bersaing dengan tamatan dari universitas ternama se - Indonesia," ujar Kepala BKD, Drs Erikson Siagian MSi di sela-sela acara talkshow di Radio Anugerah FM dengan topik "Info Kuliah, Pembelajaran dan Prospek Lulusan" yang diterima SIB relis beritanya, Kamis, (5/8).

Dikatakan, pada penerimaan CPNS Formasi 2019 di lingkungan Pemkab Taput juga ada sebanyak tiga orang lulusan UNITA yang lolos menjadi CPNS. Selain dari yang lulus Formasi CPNS tersebut lulusan UNITA telah banyak menjabat eselon II atau pimpinan OPD, camat dan pejabat eselon III.

Dijelaskan, pada dasarnya juga Bupati Taput Nikson Nababan sangat mendukung peningkatan SDM ASN di lingkungan Pemkab Taput khususnya para PNS dengan jenjang pendidikan SMP, SMA, D I, D II dan D III untuk melanjutkan pendidikan melalui perkuliahan dengan harapan nantinya mereka dapat membangun dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Selain itu lanjutnya, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga harus meningkatkan kompetensi yang bisa didapat melaluli kursus, diklat dan melalui peningkatan jenjang pendidikan.

Hal itulah katanya yang membuat Pemkab Taput sangat mendukung para PNS atau pun PPPK untuk dapat meningkatkan kompetensinya melalui perkuliahan.

Lebih lanjut ia menambahkan, salah satu bentuk dukungan yang diberikan kepada UNITA yakni kerjasama melalui penanda tanganan MoU. "Artinya, PNS yang akan melanjutkan pendidikan melalui perkuliahan diberikan kemudahan untuk mengurus surat izin belajar," ucapnya.

Ia memerkirakan sebanyak 623 lulusan UNITA dengan status PNS sudah bekerja di Pemkab Taput dan sebanyak 93 orang yang sedang izin belajar mengikuti kuliah di UNITA.

Dengan demikian pihaknya mengucapkan terimakasih kepada UNITA karena dengan adanya Kampus UNITA maka PNS bisa memudahkan secara khusus untuk peningkatan kompetensi secara umum anak-anak milenial.

“Tidak semua masyarakat mampu menyekolahkan anaknya ke luar daerah, sehingga dengan adanya UNITA mereka tetap dapat melanjutkan pendidikan dengan biaya yang lebih terjangkau”, kata Erikson Siagian.

PAHAM MANAJEMEN
Sementara, alumni UNITA, Manaek Hutasoit SE yang juga anggota DPRD Humbahas mengaku bahwa selama kuliah di UNITA pengetahuan yang didapatkan telah menambah kemampuannya untuk memahami arti manajemen.

Mantan Ketua DPRD Humbahas itu juga mengatakan, kehadiran UNITA cukup menguntungkan bagi masyarakat di Tapanuli Raya, sebab telah banyak alumni UNITA yang telah berhasil dan sukses menjadi pejabat di kawasan Tapanuli Raya.

Selama kuliah di UNITA, Manaek Hutasoit sering berdiskusi dengan para dosen dari Prodi Manajemen di areal kampus maupun di luar kampus dan dia banyak termotivasi. Dia mengimbau generasi muda Tapanuli raya agar bergabung dengan Fakultas Ekonomi, dimana uang kuliah terjangkau dan kemampuan dosennya mumpuni.

PENGUSAHA
Bernaria Simanullang SE alumni Fakultas Ekonomi yang juga pengusaha salon kecantikan di Kabupaten Humbahas menyampaikan, pihaknya telah mendapatkan pengetahuan selama kuliah di kampus dan bekal itu dijadikan sebagai dasar pengembangan usahanya saat ini.

Sebelum kuliah di Prodi Manajemen, usaha milik pribadi tidak begitu tertata rapi, tapi setelah kuliah dan mendapatkan ilmu dia lebih mampu mengelola manajemen usahanya.

Kuliah di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi katanya harus memahami penggunaan prinsip Planning, Organizing, Actuating dan Controlling (POAC) serta dapat menerapkannya dalam memajukan usaha.

Diakuinya juga, dosen - dosen yang ada di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi cukup perduli dan perhatian untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa.

"Jadi saya mengimbau kepada kalangan millenial Tapanuli Raya agar bergabung kuliah di unita agar mampu meningkatkan kemampuan wirausaha dan jangan menundanya karena kuliah di Prodi Fakultas Ekonomi juga akan dapat bekal untuk jadi pengusaha," ungkapnya.

BEASISWA
Rosa Delima Siahaan, mahasiswi Prodi Fakultas Ekonomi Semester 8 mengaku pernah memeroleh beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) sejak Semester 5 dimana pada saat itu pihak kampus menawarkan beasiswa PPA.

Beasiswa itu diseleksi berdasarkan IPK sejak Semester 1 dengan IPK 3,5. "Jadi saya salah satu mahasiswi yang terpilih mendapatkan beasiswa. Hal ini sangat membantu karena selama aktif sebelum mendapatkan beasiswa saya harus bekerja untuk mampu membayar uang kuliah dan kewalahan membeli buku buku," tuturnya.

Ia menceritakan, pada Juli 2019 lalu, berdasarkan informasi dari kampus, dirinya bersama temannya Jenni Putri Sion Nainggolan mengikuti perlombaan Social Enterprise Business Plan Competition yang diselenggarakan oleh KUI - Universitas Sumatera Utara (USU) di bawah naungan Inspire Project yang memperkenalkan kewirausahaan sosial di perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Ada 24 tim yang mengikuti lomba tersebut, namun yang lolos hanya 8 tim dan pihaknya merupakan salah satu dari 8 tim tersebut dengan pendampingan dari Dekan Fakultas Ekonomi.

Selanjutnya, pada November 2019 tim Fakultas Ekonomi mengikuti Mentoring Kick Off/Workshop dan 5 tahun Project Meeting di Kota Padang dan mendapatkan pelatihan langsung dari para narasumber dari beberapa kampus Uni Eropa.

“Hal itu merupakan pengalaman yang luar biasa karena bisa mendapatkan pelatihan langsung dari para ahli luar negeri.
Untuk kegiatan lain juga kita aktif mengikuti kegiatan seperti bazar kuliner yang dilakukan Pemkab Toba”, kata Delima.

VISI DAN MISI
Selain itu, Ketua Prodi Manajemen Rosalinda Sitompul SE MM menuturkan visi dan misi Fakultas Ekonomi serta sistim pembelajaran pada masa pandemi Covid - 19 dimana pembelajaran dilakukan secara online (daring) melalui zoom meeting, google clasroom maupun aplikasi lainnya.

Meski demikian, tetap juga dilakukan pemantauan dalam perkuliahan yang dilakukan tim IT universitas dan tambahan pengetahuan melalui webinar (seminar online).

Begitu juga dengan prospek lulusan bahwa manajemen itu matching ke segala bidang pekerjaan, sehingga prospek kerja sangat luas contohnya di bidang wirausaha ada alumni Aguston Lumbangaol SE yang berhasil menjadi entertaint pesta pernikahan.

Kemudian, wirausaha marketing, manejer, konsultan, manajemen, pengelola jasa industri pariwisata dan pengelola agrobisnis dan tidak menutup kemungkinan menjadi PNS.

Hal itu menunjukkan bahwa Fakultas Ekonomi UNITA tidak kalah bersaing dengan universitas lain. "Dari kita untuk kita, artinya tidak perlu ke luar daerah untuk kuliah sehingga posisi pekerjaan yang ada di Tapanuli bisa dipenuhi oleh SDM daerah Tapanuli, tidak harus dari luar daerah Tapanuli," tandasnya.

SEJARAH
Dekan Fakultas Ekonomi, Joan Berlin Damanik SSi MM selaku narasumber menjelaskan sejarah berdirinya UNITA yang didirikan Dr GM Panggabean (Alm) yang menyatakan bahwa untuk keluar dari kemiskinan harus membawa pendidikan ke Tapanuli.

UNITA yang menyandang nama Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII adalah untuk menghormati perjuangan Raja Sisingamangaraja XII dan UNITA memiliki tekad yang bulat dan cita-cita yang tulus sesuai motto pendirinya yaitu memajukan pendidikan di tengah-tengah masyarakat serta memacu keterbelakangan dan menghapus peta kemiskinan di kawasan Tapanuli.

Joan berharap, agar mengemban misi perluasan akses pendidikan melalui strategi pemanfaatan sumber daya intelektual dalam komunitas akademik UNITA yang lebih optimal yang memerlukan jaminan tata kelola organisasi dan manajemen menuju kebijakan berbasis mutu yang mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kemudian UNITA telah memiliki Akreditasi B sejak tahun 2017 dan membawahi Fakultas Ekonomi yang memiliki Program Studi Manajemen (Ter -Akarediasi B).

Dengan Akreditasi B tersebut para lulusan nantinya tak perlu khawatir karena nilai akreditasi tersebut sudah standar mengikuti CPNS dan melamar ke perusahaan lainnya maupun untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Fakultas Ekonomi katanya, mempunyai tujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam menghadapi tuntutan dunia kerja, menghasilkan mahasiswa yang terampil dalam bidang ekonomi manajemen dan kewirausahaan yang didukung kemampuan riset dan pembentukan sikap akademik serta etika profesi.

Menghasilkan karya - karya yang memberikan kontribusi pada pembangunan baik di tingkat daerah maupun nasional melalui penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, keterampilan dan pelaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang ekonomi dan manajemen.

Menghasilkan kerjasama dengan masyarakat/pengguna untuk menjalin kerja sama dalam rangka menjadikan almamater lebih baik serta Fakultas Ekonomi konsisten melakukan peningkatan mutu dengan melakukan berbagai kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta.

Dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa Fakultas Ekonomi ditambahkannya lagi telah melakukan pertungkaran mimbar kampus dengan Universiti Kuala Lumpur (UniKL) Malaysia dengan membawa mahasiswa langsung untuk mengikuti seminar di Malaysia.

Dalam upaya peningkatan pengetahuan maupun wawasan mahasiswa Fakultas ekenomi juga secara rutin melakukan studi banding ke perusahaan ternama yakni, wisata edukasi dan seminar - seminar dengan mengundang para parktisi yang handal di bidangnya.

Jadi bagi tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) diharapkan jangan ragu untuk bergabung dengan Fakultas Ekonomi UNITA dan segera mendaftar ke Prodi Manajemen. (Rel/F3/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com