Talkshow Prodi Teknik Industri UNITA, Dua Perusahaan Besar Sumut Sambut Baik Program Kampus Merdeka


455 view
Talkshow Prodi Teknik Industri UNITA, Dua Perusahaan Besar Sumut Sambut Baik Program Kampus Merdeka
Foto Dok/Dekan
PIAGAM: Dekan Fakultas Teknik UNITA, Sahat Dapottua Sitompul ST MT menyerahkan piagam kepada pihak PT SOL, Melva Samosir Ssos MSc sebagai bentuk ucapan terimakasih atas partisipasi sebagai narasumber dalam talkshow di Radio Anugerah FM, Sabtu, (31/7).
Tapanuli Utara (SIB)
Dua perusahaan di Sumatera Utara yakni Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) PT Sarulla Operation Ltd (SOL) Pahae Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dan PT Toba Pulp Lestari (TPL) menyambut baik program kampus merdeka belajar dan siap bekerjasama dengan Program Studi (Prodi) Teknik Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA).

Hal itu dikemukakan Dekan Prodi Fakultas Teknik, Sahat Dapottua Sitompul ST MT dalam talkshow di Radio Anugerah FM dengan topik "Focus Group Discussion Program Magang Industri" yang diterima SIB relis beritanya, Minggu, (1/8).

"Dua perusahaan tersebut akan mendukung seratus persen program kampus merdeka seperti magang di PT TPL dan PT SOL secara khusus ke UNITA dalam penerapan ilmu pengetahuan mahasiswa Teknik Industri berdasarkan kemampuan dan skill yang di minati mahasiswa," kata Dekan.

Ia menambahkan, kedua perusahaan juga menawarkan English Course bagi mahasiswa yang bersedia untuk menambah skill bahasa Inggris sekaligus sebagai bekal mahasiswa untuk magang.

Dikatakan, sejak tahun 2019 lalu Prodi Fakultas Teknik sudah menjalin kerjasama dan melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) bersama PT SOL dalam bentuk kerja praktek (penelitian tugas akhir) mahasiswa Teknik, kuliah umum dan kegiatan lainnya di bidang pengabdian masyarakat.

Tahun ini, katanya, PT SOL telah membuat kursus Bahasa Inggris online kepada mahasiswa jurusan Teknik Industri dan ada peluang lowongan kerja di PT SOL sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan syarat perusahaan.

Begitu juga dengan PT TPL sudah menjalin kerjasama dengan Prodi Fakultas Teknik dengan bentuk kerja praktek mahasiswa tugas akhir dengan lowongan kerja lulusan Teknik Industri sangat relevan di TPL baik di bagian manajemen, laboratorium, logistik dan juga bagian proses produksi.

"Tak tanggung-tanggung sebenarnya, puluhan alumni Teknik Industri sudah bekerja di TPL dan berharap keseriusan para mahasiswa Teknik Industri Unita untuk merebut kesempatan bekerja di TPL dengan belajar keras terutama penguasaan bahasa Inggris dan selama magang nanti seluruh mahasiswa akan mengikuti kursus Bahasa Inggris," ucapnya.

Dijelaskan, memilih Prodi Fakultas Teknik, dapat mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan, ekonomi bahkan lulusan Teknik Industri nantinya bertanggungjawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi serta desain optimal manajemen perusahaan.

"Pokoknya, di jurusan Teknik Industri, akan banyak melakukan penyelesaian masalah melalui pendekatan matematis baik pengetahuan dan keahlian bahkan peluang karier Teknik Industri sangat banyak," ujarnya.

KEMBANGKAN
Sementara pembicara dari Dosen UNITA Rina Handayani MM mengatakan, Prodi Fakultas Teknik akan mengembangkan kerjasama dengan perusahaan lain selain PT SOL dan PT TPL untuk mendukung kebijakan pemerintah Belajar Merdeka Kampus Merdeka (MBKM) dalam hal magang industri agar mahasiswa Teknik Industri sejak dini sudah mengenal dunia industri untuk mendapatkan pengalaman bekerja.

BERGABUNG
Di bagian lain, pembicara dari mahasiswa Prodi Teknik Industri UNITA, Sopar Nainggolan mengajak lulusan SLTA yang tidak lulus ke PTN tidak ragu bergabung di Teknik Industri UNITA karena Teknik Industri UNITA ,terbukti sudah mendapat dukungan penuh dari perusahaan raksasa yang ada di Tapanuli dalam implementasi Belajar Kampus Merdeka.

Juga lanjutnya, UNITA sudah menjalin kerjasama pertukaran mahasiswa dan dosen dengan Departemen Teknik Industri Universitas Sumatera Utara (USU). "Yang jelas jangan ragulah kuliah di UNITA, tidak zamnnya lagi, tidak sarjana," ungkapnya.

DUKUNG PENUH
Selain itu, pembicara dari PT TPL, Herry Pranata dan Zulfauzein Nadra sangat mengapresiasi pelaksanaan talkshow yang diselenggarakan pihak kampus UNITA dan tetap akan mendukung program kampus merdeka.

"Kami sangat mendukung dan kami bersedia mengampu beberapa mata kuliah dalam meningkatkan kualitas mahasiswa dalam dunia kerja nantinya dan juga PT TPL akan melakukan penanda tanganan MoU dalam waktu dekat dalam menjalin kerja sama dengan Prodi Fakultas Teknik," katanya.

JALIN KERJASAMA
Sedangkan pembicara dari pihak PT SOL, Melva Samosir Ssos MSc pada intinya menyampaikan, PT SOL sangat peduli dengan dunia pendidikan terkhusus kepada mahasiswa Prodi Fakultas Teknik UNITA.

"Silahkan mahasiswa berkreasi, kami akan tetap dukung baik lowongan kerja sesuai kebutuhan dan ketentuan syarat perusahaan," jelasnya. (Rel/F3/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com