Taman Nasional dan Hutan Lindung di Riau Terbakar, 3 Orang Diamankan


136 view
Taman Nasional dan Hutan Lindung di Riau Terbakar, 3 Orang Diamankan
Merdeka.com/abdullah sani
Hutan Lindung Bukit Suligi Riau Terbakar. 
Pekanbaru (SIB)
Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) dan Kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi di Riau terbakar. Dua kawasan itu diduga terbakar akibat adanya aktivitas membuka lahan secara ilegal.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edy Afrizal menyebut kebakaran TNBT terjadi pada Sabtu (24/7). Api dapat dipadamkan setelah diturunkan helikopter water bombing ke lokasi.

"Kebakaran di Taman Nasional Bukit Tigapuluh sudah berhasil kita padamkan. Ada 16 kali water bombing ke lokasi di Batang Gansal, Indragiri Hulu, dibantu tim darat," kata Afrizal kepada wartawan, Senin (26/7).

Afrizal mengatakan kebakaran di TNBT itu diduga diduga akibat adanya aktivitas atau kegiatan buka lahan untuk kebun. Sebab, mustahil lahan bisa terbakar tanpa ada aktivitas masyarakat di kawasan tersebut.

"Saya kira kebakaran di taman nasional itu karena ada aktivitas. Kan tak mungkin juga hutan terbakar begitu saja, pasti ada aktivitas membuka lahan," katanya.

Meskipun api sudah padam, tim satgas udara disebut kembali menemukan satu titik api berbeda di Taman Nasional Bukit Tigapuluh hari ini. Untuk pencegahan agar tak meluas, satu unit helikopter water bombing kembali diterjunkan ke lokasi.

"Hari ini kita sudah turunkan satu helikopter water bombing untuk pemadaman yang satu titik lagi," katanya.

Tak hanya di TNBT, kebakaran juga terjadi di Kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi di Rokan Hulu, Riau, pekan lalu. Dari lokasi kebakaran, diamankan tiga orang diduga pelaku pembakar lahan.

"Kebakaran di Bukit Suligi sudah kita lakukan 50 kali water bombing. Kemarin kita water bombing agar api benar-benar padam," kata Kapolres Rokan Hulu, AKBP Taufik Hidayat.

Upaya pemadaman di Hutan Lindung Bukit Suligi lewat water bombing dimulai pada Kamis pekan lalu. Helikopter mengambil air dari sebuah danau yang berjarak sekitar 1 km dari lokasi kebakaran.

"Dari hasil penyelidikan di TKP, tiga orang diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, statusnya masih saksi," tegas Taufik.

Hasil pemeriksaan sementara, dari tiga orang yang diamankan, satu orang di antaranya diduga pemilik lahan sekitar hutan. Sedangkan dua lainnya pekerja. (detikcom/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com