Taput Kedatangan 20 Ribu Vaksin Sinovac, Diprioritaskan untuk Penerima Dosis Kedua

* Pemkab Diminta Realisasi Vaksin Dosis Pertama untuk Tenaga Didik Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli

237 view
Taput Kedatangan 20 Ribu Vaksin Sinovac, Diprioritaskan untuk Penerima Dosis Kedua
Foto Dok
Alexander Gultom
Tapanuli Utara (SIB)
Minggu ini, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) kembali kedatangan vaksin Covid-19 Sinovac sebanyak 20 ribu dosis.

"Kedatangan vaksin tersebut merupakan tahap ke-8 yang diterima Taput dan sudah digabung dengan TNI/Polri. Jadi ini bagian dari komitmen pemerintah menjaga seluruh rakyat Indonesia dari Covid-19," ujar Kadinkes Alexander Gultom melalui Kasie Sueveilens dan Immunisasi dr Andi Sitompul saat dihubungi SIB, Senin (2/8).

dr Andi mengemukakan, kedatangan vaksin sebanyak 20 ribu diprioritaskan untuk memenuhi vaksin dosis kedua sebab yang belum divaksin kedua masih banyak warga Taput.

Terkait keluh kesah masyarakat akibat tertundanya jadwal vaksinasi Covid-19 dosis kedua dengan alasan karena stok vaksin sudah habis, ia menyampaikan, agar warga Taput jangan khawatir. Sesuai Juknis Kementerian Kesehatan, dosis kedua bisa diberikan dalam rentang waktu melebihi 28 hari (1 bulan).

VAKSIN TENAGA DIDIK
Ditanya kembali, pengajuan sebelumnya dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA) yang meminta pemkab merealisasi 69 dosis vaksin pertama untuk tenaga pendidik, dr Andi mengaku usulan tersebut sudah diterima Dinas Kesehatan.

"Kita sudah terima usulannya dan sebagian dari jumlah usulan tersebut sudah ada yang dapat vaksin pertama, ini mau vaksin kedua. Jadi kita prioritaskanlah dulu vaksin kedua. Kan kasihan mereka yang sudah dapat vaksin pertama tapi vaksin kedua belum," ucapnya.

Meski demikian, ia berharap agar tetap mematuhi Protokoler Kesehatan (Prokes) dan mudah-mudahan vaksin cepat tiba di Taput. (F3/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com