Tekan Inflasi, Dishub Sumut Salurkan Bansos BBM ke Sopir Kendaraan Pengangkut Barang


289 view
Tekan Inflasi, Dishub Sumut Salurkan Bansos BBM ke Sopir Kendaraan Pengangkut Barang
Foto:SIB/Danres Saragih
BANSOS BBM: Sekretaris Dishub Sumut Rochani Litiloly ST MT, Kabid Angkutan Jalan Yunus Pasodung ST, Kabid Pelayaran Idris serta ratusan penerima Bansos BBM foto bersama di sela-sela penyaluran Bansos BBM di Aula Kantor Dishub Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Sabtu (16/12). 

Medan (SIB)

Tekan inflasi dampak naiknya harga bahan bakar minyak (BBM), Pemprov Sumut melalui Dinas Perhubungan Sumut menyalurkan bantuan sosial (Bansos) berupa voucher BBM kepada sopir kendaraan pengangkut barang kebutuhan pokok di wilayah Sumut.

Penyaluran voucher BBM Rp1.000.000 per kendaraan itu dipimpin Kadis Perhubungan Sumut Dr Agustinus Panjaitan SSiT MT melalui Sekretaris Rochani Litiloly ST MT, Kabid Angkutan Jalan Yunus Pasodung ST, Kabid Pelayaran Idris serta staf lainnya di Aula Kantor Dishub Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Sabtu (16/12).

Kadishub mengatakan, Bansos BBM merupakan program Pemprov Sumut dalam rangka membantu biaya transportasi pengangkutan komoditi kebutuhan pokok dengan harapan harga barang kebutuhan pokok dapat terkendali dengan berkurangnya biaya pengangkutan barang.

"Bansos BBM ini merupakan tahap ketiga dan empat, di mana tahap pertama sudah dilaksanakan sejak Juli 2023 lalu kepada 62 penerima dan tahap kedua 238 penerima," katanya.

Sementara Bansos BBM tahap ketiga dan keempat adalah Bansos BBM juga sebesar Rp1.000.000 kepada 234 kendaraan pengangkut sembako di wilayah Sumut. "Untuk tahap pertama kita bagikan kepada 62 penerima dan tahap kedua 238 penerima dan tahap 3 dan 4 sebanyak 234. Dengan harapan dengan adanya bantuan ini dapat menekan inflasi dampak naiknya harga BBM," katanya.

Diakuinya, pendaftaran Bansos BBM tahap ketiga dan keempat sejak 5-20 November 2023 lalu sudah ratusan lebih, tetapi setelah dilakukan verifikasi hanya 234 penerima yang layak. "Verifikasi ini perlu untuk memastikan bansos tepat sasaran. Penerima benar-benar orang yang berhak seperti memiliki KTP, identitas kendaraan, buku uji kendaraan dan lainnya. Jadi yang kita bantu adalah mereka yang taat peraturan," katanya.

Sementara Irwanto salah seoran penerima Bansos BBM saat diwancarai SIB usai meneria bantuan berterima kasih kepada Pemprov Sumut yang telah memberi bansos voucher BBM. Dia berharap Bansos BBM terus berkelanjutan sehingga dapat membantu para pengangkut barang dan pedagang komoditi kebutuhan pokok di wilayah Sumut atas naiknya harga BBM. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com