Senin, 20 Mei 2024 WIB

Temui Pengurus PWI Pusat, Anies: Media Tak Harus Netral Tapi Harus Objektif

Redaksi - Sabtu, 02 Desember 2023 09:01 WIB
241 view
Temui Pengurus PWI Pusat, Anies: Media Tak Harus Netral Tapi Harus Objektif
(Foto: Dokumentasi Timnas AMIN via Liputan6)
TANYA JAWAB: Calon Presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan (tengah) didampingi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun (kiri) dan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu (kanan) berbincang dalam sesi tanya jawab di aca
Jakarta (SIB)
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menemui pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Jakarta, Jumat, guna membahas visi dan misinya untuk memakmurkan Indonesia.
Anies tiba di Kantor PWI Pusat di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, sekitar pukul 13.50 WIB. Selain bersama para pengurus PWI Pusat, diskusi bersama Anies itu juga dihadiri pihak Dewan Pers.
"Kita sudah banyak melewati satu, satu bahasa pada Sumpah Pemuda, satu Tanah Air, dan yang belum itu satu kemakmuran," kata Anies.
Di hadapan para pengurus PWI Pusat yang merupakan wartawan-wartawan senior, Anies mengatakan dirinya menempatkan pembangunan Indonesia ke dalam dua dimensi, yakni dimensi sektor dan dimensi teritorial.
Anies menjelaskan sektor yang dimaksud antara lain mulai dari bidang-bidang kesehatan, pertanian, dan sosial. Sementara itu, terkait teritorial, Anies menjelaskan hal itu merupakan kewilayahan, yakni wilayah Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan wilayah lain.
"Fokus pembangunan kita adalah pembangunan manusianya, karena menentukan ke depannya," kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.
Selain itu, capres yang diusung Koalisi Perubahan oleh Partai NasDem, PKB, dan PKS itu juga membahas soal demokrasi, hukum, hingga pendidikan.
Menurut Anies, berbagai perubahan harus dicontohkan agar permasalahan yang terjadi di pusat tidak menular ke daerah-daerah.



Harus Objektif
Anies Baswedan mengatakan media memang tak harus netral dalam memberitakan sesuatu hal. Namun, kata dia, media harus objektif.
"Dalam pandangan kami, media tidak harus netral tapi harus objektif. Masak mau netral ada penindasan? Enggak mungkin. Anda mau netral, ada situasi marginalisasi? Enggak mungkin," kata Anies dalam dialog Pers dan Capres yang diselenggarakan PWI itu.
Menurutnya, netral atau tidak netral adalah sikap yang diambil media berdasarkan asesmen objektif. Karena itu, kata Anies, pers harus menjaga objektivitas dan independensi.
"Jadi, menurut kami yang harus dijaga adalah objektivitasnya dan tentu independensi," kata dia.
Ia pun meminta agar media memberikan ruang yang setara untuk pemerintah dalam menjalankan tugas dan fungsi.
Anies menuturkan hal ini penting agar publik dapat dengan objektif menilai polemik yang terjadi.
"Yang kami butuhkan dari media, media bersedia untuk memberikan ruang pada kedua-duanya sehingga publik mendapatkan kritiknya, jawabannya, kritiknya, dan jawabannya lagi sehingga publik bisa menilai dengan objektif. Tapi kalau ruang itu tertutup repot," ujarnya. (**)


Baca Juga:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Satgas Pengamanan Capres Polri Tetap Kawal Prabowo hingga H-30 Pelantikan
Gugat ke MK, Anies Minta Pilpres Diulang dan Prabowo Ganti Cawapres
Anies Minta Pilpres Diulang dan Prabowo Ganti Cawapres
Anies Belum Masuk Bursa, NasDem Usulkan Ahmad Sahroni Maju Pilgub DKI
Anies soal Maju Pilgub DKI Lagi: Pengalihan Isu, Seakan Pilpres Selesai
Prabowo Cerita Uji Coba Makan Siang Gratis Lauknya Dibawa Pulang Anak-anak
komentar
beritaTerbaru