Terkait Jalan Rusak, Warga Liang Melas Karo Bawa Oleh-oleh 3 Ton Jeruk ke Istana Negara

* Bupati Bangga Atas Keberanian Warga

459 view
Terkait Jalan Rusak, Warga Liang Melas Karo Bawa Oleh-oleh 3 Ton Jeruk ke Istana Negara
(Foto SIB/ Mitcha Sebayang)
OLEH OLEH : Pengurus Rudang-Rudang Pengarapen (RRP) Liang Melas Datas (LMD) menggunakan satu truk dan 2 mobil pribadi membawa 3 ton jeruk manis hasil panen warga Liang Melas Datas ke Istana Merdeka Jakarta sebagai oleh-oleh kepada Presiden Joko Widodo, Jumat (3/11). 

Karo (SIB)

Pengurus Rudang-Rudang Pengarapen (RRP) Liang Melas Datas (LMD) menggunakan satu unit truk dan 2 unit mobil pribadi membawa 3 ton jeruk manis hasil panen warga Liang Melas Datas ke ibukota Jakarta, tepatnya Istana Merdeka, sebagai oleh-oleh kepada Presiden RI (Joko Widodo), Jumat (3/12).


Demikian disampaikan, Serba Kembaren mewakili Pengurus Rudang-Rudang Pengarapen (RRP) Liang Melas Datas (LMD) didampingi Paham Sitepu, warga Kuta Mbelin Kecamatan Lau Baleng Kabupaten Karo, kepada SIB konfirmasi SIB, Jumat (3/12) di Tigabinanga di sela - sela keberangkatan.


"Jeruk madu sebanyak 3 ton tersebut swadaya dikumpulkan masyarakat 6 desa dan 3 dusun di kawasan Liang Melas, sehari sebelumnya yang dikutip dari ladang jeruk mereka masing-masing," katanya.


Disebutkannya, seperti diketahui, wilayah LMD ini merupakan salah satu daerah produksi jeruk terbesar di Kabupaten Karo.


Namun, kondisi fisik jalan penghubung 4 kecamatan di Kabupaten Karo ini, tepatnya jalan penghubung mulai dari Desa Sukajulu, Desa Kutambaru Punti, Batumamak Kecamatan Tigabinanga, Desa Pola Tebu, Kecamatan Kutabuluh, Desa Kuta Mbelin, Kecamatan Laubaleng, dan Kuta pengkih serta tiga dusun masing - masing Dusun Barisen, Dusun Kuta Kendit dan Dusun Cerumbu, Kecamatan Mardingding, kendaraan bermotor saat melintas kerap terjebak di kubangan lumpur.


Dikatakannya, kondisi jalan licin nyaris tak bisa dilewati. Untuk melewatinya pun dibutuhkan tenaga ekstra dengan menyiapkan sejumlah tali dan ditarik mobil Hardtop gardang dua. Apalagi saat ini telah memasuki musim penghujan, kondisi jalan makin parah.


"Melihat kondisi ini kami masyarakat LMD dan Pengurus Rudang-Rudang Pengarapen (RRP) Liang Melas Datas (LMD) menggunakan satu unit truk dan 2 unit kenderaan pribadi membawa 3 ton jeruk manis hasil panen warga Liang Melas Datas ke ibukota Jakarta, tepatnya Istana Merdeka, sebagai oleh-oleh kepada Presiden RI (Joko Widodo)," ungkapnya.


Oleh karena itu, mohon dukungan dan doa dalam perjalanan kami dan bisa bertemu dengan bapak Presiden Jokowi, agar oleh - oleh ini dapat diterima di Istana Negara dan sekaligus memohon agar jalan ke LMD dapat diperbaiki.


Pantauan SIB, Warga Desa Sukajulu, Desa Kutambaru Punti, Batumamak, Kecamatan Tigabinanga, Desa Pola Tebu, Kecamatan Kutabuluh, Desa Kuta Mbelin, Kecamatan Laubaleng, dan Kuta pengkih serta tiga dusun masing - masing Dusun Barisen, Dusun Kuta Kendit dan Dusun Cerumbu, Kecamatan Mardingding terlihat antusias dan menyambut positif dengan mengenakan seperangkat uis adat Karo memberangkatkan rombongan Pengurus Rudang-Rudang Pengarapen (RRP) Liang Melas Datas ke Jakarta. (LMD).


Bangga

Bupati Karo, Cory Br Sebayang, menanggapi terkait adanya warga Kabupaten Karo, persisnya dari wilayah Liang Melas Datas (LMD) yang terdiri dari desa dan dusun di 4 kecamatan yakni Kecamatan Mardinding, Kecamatan Kutabuluh, Kecamatan Lau Baleng serta Kecamatan Tigabinanga mengantarkan jeruk kepada Presiden Joko Widodo, mengucapkan selamat dan mengaku sangat bangga atas keberanian warganya yang mengantarkan hasil pertanian yaitu jeruk manis ke istana negara. "Jumlah tonasenya saya kurang tahu, tapi saya bangga," katanya.


Ia selanjutnya mengucapkan terimakasih kepada warga Liang Melas Datas yang berani meminta bantuan dan perhatian kepada republik ini terkait kondisi jalan ke wilayah desa mereka. "Sebelum sampai kepada Presiden, Pemerintah Kabupaten Karo telah terlebih dahulu memikirkan wilayah mereka," ujar bupati.


Bupati pun mendoakan para rombongan yang membawa oleh oleh jeruk itu kepada Presiden, supaya sehat sehat selama di perjalanan hingga nantinya sampai kepada presiden. "Kiranya sehat sehat di perjalanan dan kembali nanti ke Kabupaten Karo, dengan harapan akan membawa oleh oleh dari pusat kesini," katanya. (B4/B1/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com