* Hari Ketiga, Orangtua Siswa Kembali Penuhi Kantor Disdik Sumut

Terkait PPDB Sumut, Gubernur Edy akan Panggil Panitia Pelaksana

* Disdik Sumut Perpanjang Pendaftaran Hingga 11 Juni

117 view
Ahmad Arfah/detikcom
Gubsu Edy Rahmayadi
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berjanji bakal memperbaiki sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) di wilayahnya. Perbaikan ini dilakukan setelah sejumlah orangtua siswa (ortu) mengeluhkan PPDB di Sumut.

"Nanti segera saya cek, habis itu nanti kita evaluasi, kita perbaiki," kata Edy di Medan, Rabu (9/6).

Edy mengatakan dirinya akan segera memanggil panitia pelaksana PPDB dari Dinas Pendidikan Sumut. Hal ini untuk meminta penjelasan mengapa terjadi masalah dalam pelaksanaan PPDB.

Edy kemudian mengatakan PPDB tidak bisa serta-merta diperpanjang meski ada rekomendasi dari Ombudsman. Dia mengatakan, hak untuk memperpanjang PPDB ada di tangan gubernur.

"Tak bisa Ombudsman mengeluarkan seruan seperti itu, yang punya wewenang kan gubernur. Kita lihat apa persoalannya, nanti kita perbaiki persoalannya," tuturnya.

Edy kemudian meminta panitia terus memperbaiki sistem PPDB. Dia mengingatkan bahwa proses penerimaan siswa baru ini harus berjalan dengan baik.

"Intinya kita akan merekrut anak-anak kita. Yang kita bisa benahi, kita benahi," jelasnya.

Perpanjang
Kadis Pendidikan Sumut Prof Syaifuddin MA PhD lewat suratnya nomor 421.3/4603/PPDB-SU/IV/2021 memperpanjang pendaftaran calon peserta didik jalur afirmasi, perpindahan tugas orangtua dan jalur prestasi pada PPDB Online tahun pelajaran 2021-2022, Rabu (9/6).

Perpanjangan dilakukan sampai, Jumat 11 Juni 2021 pukul 24.00 WIB dan pengumuman hasil seleksi diumumkan, Senin 14 Juni 2021. Perpanjangan pendaftaran dilakukan menurut kadis untuk memberikan kesempatan dan keberpihakan yang tinggi terhadap calon peserta didik.

Terkait dengan hal itu, dia meminta kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan se Sumut dan sekolah binaan untuk melakukan sosialisasi informasi perpanjangan ini. Kemudian melakukan pendampingan dan memandu calon peserta didik dalam melakukan registrasi bila dibutuhkan sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Penuhi Kantor
Sementara itu, masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) Sumut memasuki hari ketiga. Orangtua siswa yang belum bisa mendaftar kembali memenuhi kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut.

Pantauan di Kantor Disdik Sumut, Medan, Rabu (9/6), tampak puluhan orang tua bersama anak-anaknya mempertanyakan masalah pendaftaran.

Petugas menanyai keperluan mereka. Jika terkait PPDB Sumut, para calon peserta didik dipersilakan masuk ke aula, sementara orangtua diminta menunggu di luar ruangan.

Tampak petugas melayani keluhan para calon peserta didik terkait PPDB. Salah satu orang tua siswa yang mengantarkan anaknya ke Kantor Disdik Sumut, Armansyah, mengatakan sudah berulang kali mencoba mendaftar ke sekolah yang diinginkan anaknya, tapi tak bisa.

"Sebenarnya saya sudah ikut prosedur. Saya melakukan pendaftaran online, namun dari hari pertama sampai hari terakhir ini belum bisa. Keterangan registrasi berhasil namun tujuan sekolahnya berbeda. Yang terakhir-terakhir ini saya coba juga berulang-ulang, malah sekolah tujuan hilang," sebut Armansyah.

Armansyah mengatakan mendapat informasi bahwa sistem dari aplikasi PPBD Sumut mengalami masalah. Dia pun memutuskan mendatangi Kantor Disdik Sumut untuk mencari kejelasan.

Sementara itu, menurut pengamatan wartawan SIB, PPDB online TP 2021/2022 mengecewakan para orangtua yang akan mendaftarkan anaknya ke SMAN/SMKN di Sumatera Utara. Selain servernya eror juga hasil pendaftarannya membingungkan para orangtua maupun calon anak didik.

Sejumlah orangtua siswa berulangkali mencoba meng-upload berkas selalu gagal. Mereka sudah hampir putus asa takut anaknya tidak terdaftar. Mulai pagi hingga sekitar pukul 15.00 WIB tidak juga berhasil walau sudah minta tolong kepada yang ahli di bidang server.

Barulah sekitar pukul 15.30 WIB berhasil masuk berkas. Namun justru membingungkan sebab keinginan daftar di SMAN 2 justru yang keluar print outnya di SMAN 1. Ada juga mau mendaftar di SMAN 3 tetapi datanya nyasar ke SMAN di Belawan.

"Sangat mengecewakan dan membingungkan sistem online sekarang ini. Dulu walaupun sudah online tidak serumit tahun ini" ujar sejumlah orangtua yang berkeluh kesah pada pendaftaran PPDB jalur prestasi, Rabu (9/6) di kantor Dinas Pendidikan Sumut. (detikcom/A8/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com