Terlibat Mafia Tanah, 125 PNS BPN Dimutasi-Dipecat


145 view
Terlibat Mafia Tanah, 125 PNS BPN Dimutasi-Dipecat
Foto: Andhika Akbarayansyah/Tim Infografis
Ilustrasi
Jakarta (SIB)
Mafia tanah tak ada habis-habisnya. Terbaru, mafia tanah merampas 6 aset ibunda Nirina Zubir. Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) mencatat, mafia tanah itu juga melibatkan pegawai ATR/BPN. Dalam data ATR/BPN, ada 125 pegawai yang terlibat mafia tanah.

Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra mengatakan, pihaknya mengambil langkah tegas berupa teguran hingga pemecatan.

"Kalau yang data terakhir itu 125, dan ini sudah ada macam-macam sanksinya baik yang ada pemecatan, ada yang ditegur, ada yang dimutasi dan seterusnya," katanya dalam acara bertajuk Mengungkap Kiprah Mafia Tanah, Rabu (24/11).

Menurutnya, jumlah itu relatif kecil. Sebab, di Kementerian ATR/BPN ada 18 ribu PNS dan 19 ribu pegawai honorer.
Namun, persoalan mafia tanah tetap saja merusak citra Kementerian ATR/BPN.

"Tapi sekali lagi mohon dipahami ya, itu 125 dari 18 ribu ASN, 19 ribu honorer, sebenarnya kalau dari persentase sangat kecil.Cuma memang kita, ibaratnya rusak susu sebelanga gara-gara beginian. Ini yang tidak bisa jadi alasan untuk kita beres-beres, sedang dilakukan ke arah situ," sambungnya. (Detikfinance/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com