Terungkap di Sidang, Karomani Klaim Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Titip Ponakan Masuk Unila

* Zulkifli Hasan Membantah

181 view
Terungkap di Sidang, Karomani Klaim Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Titip Ponakan Masuk Unila
Foto: Dok. Kemendag
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Bandar Lampung (SIB)

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan disebut ikut menitipkan keponakannya untuk bisa masuk ke Universitas Negeri Lampung (Unila). Keponakan Zulkifli Hasan itu bernama Zaky Algifari.

Fakta itu terkuak ketika JPU KPK mencecar Rektor Unila Prof Karomani yang bersaksi untuk terdakwa Andi Desfiandi. Karomani dihadirkan JPU KPK bersama tiga orang lainnya, yakni Dekan Fakultas Teknik Unila Helmy Fitriawan, Ketua Apindo Ary Meizari, dan dosen Unila Mualimin, untuk menjadi saksi atas terdakwa Andi Desfiandi.

"Ini ada nama Zulkifli yang menitipkan mahasiswa bernama Zaky Algifari, siapa Zulkifli ini," tanya JPU pada sidang lanjutan di PN Tanjung Karang, Bandar Lampung, seperti dilansir detikSumut, Rabu (30/11).

"Iya itu Pak Menteri Zulkifli Hasan," jawab Karomani.

Pengakuan ini diutarakan Karomani saat JPU KPK menunjukkan satu buku catatan yang berisi nama-nama orang yang menitipkan mahasiswa di Universitas Lampung.

Kemudian, Karomani menjabarkan dari mana asal penitipan mahasiswa yang merupakan keponakan dari Menteri Zulkifli Hasan.

"Nama itu merupakan titipan dari Ary Meizari, dia menitipkan dua mahasiswa yang di mana satu keponakannya Pak Menteri dan satu keponakannya Ary atas nama Zalfa Aditia Putra," ujar Karomani.

"Saya bilang asal sesuai SPI dan nilai passing grade-nya. Passing grade 500 ke atas bisa dibantu. Ada semacam screenshot chat Zulkifli dan Ary sehingga nama Zaki dicatat. Saya tidak pernah sebelumnya bicara uang, yang tahu nilainya Mualimin," terangnya.

Bukti chat WhatsApp itu pun ditampilkan oleh JPU KPK dalam persidangan dengan nama kontak Zulkifli Hasan.

Berikut isi percakapan Ary dengan Zulhas terkait upaya menitipkan seorang mahasiswa ke Unila. Ary sendiri merupakan adik dari terdakwa Andi Desfiandi.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com