Terus Bertambah, Kasus Corona di RI Masih Tinggi

* Gambaran Protokol Kesehatan Tidak Dipatuhi dengan Benar

197 view
Terus Bertambah, Kasus Corona di RI Masih Tinggi
Liputan6.com/Trieyasni
Ilustrasi Banner Kasus Corona COVID-19 di Indonesia.  
Jakarta (SIB)
Juru Bicara Pemerintah Penanganan virus Corona (Covid-19) Achmad Yurianto melaporkan kasus Covid-19 di Tanah Air masih terus mengalami penambahan. Pada 20 Juli 2020 tercatat penambahan sebanyak 1.693 kasus.

“Kita dapatkan hasil konfirmasi positif sebanyak 1.693 orang, sehingga total kasus positif akumulatif saat ini adalah 88.214 orang,” kata Yuri di Media Center Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Senin (20/7).

Yuri mengatakan, penambahan kasus yang masih tinggi ini merupakan gambaran bahwa protokol kesehatan tidak dipatuhi dengan benar.

“Gambaran penambahan kasus ini adalah gambaran dari aktivitas produktif yang semakin tinggi, namun tidak mematuhi protokol kesehatan. Menjaga jarak, menggunakan masker dengan baik dan benar serta kemudian mencuci tangan,” katanya.

Saat ini, salah satu tempat yang bisa menjadi klaster penularan Covid-19 baru saat ini adalah di tempat kerja. Oleh karena itu, Yuri meminta untuk menciptakan suasana aman dari Covid-19.

“Oleh karena itu sekali lagi tempat bekerja kantor atau industri atau pabrik, kami mohon untuk betul-betul bisa menciptakan suasana kerja yang aman dari Covid-19," sambungnya.

“Bagaimanapun juga protokol ini adalah satu-satunya pegangan kita untuk kita patuhi agar kita bisa aman dari kemungkinan penularan Covid-19. Ingat apabila kita terinfeksi di tempat kerja akan menjadi sangat beresiko untuk keluarga yang ada di rumah untuk anak-anak kita, untuk orang tua kita, untuk saudara-saudara kita yang memiliki penyakit komorbid. Mari patuhi ini dengan komitmen yang kuat, tidak terhenti, terus menerus kita pasti bisa menangani ini,” tegas Yuri. (wal)

Bertambah
Disebutkan, ada tambahan 1.693 pasien yang terkonfirmasi Corona (Covid-19) kemarin, kini total menjadi 88.214.
"Konfirmasi kasus Covid-19 sebanyak 1.693 orang sehingga total 88.214," kata Yuri.

Data ini merupakan berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Yuri menambahkan total ada 46.977 pasien yang dinyatakan sembuh dan 4.239 pasien Corona yang dilaporkan meninggal dunia.

"Total sembuh hari ini 1.576," kata Achmad Yurianto.
Sementara itu, jumlah pasien Corona yang meninggal dunia dilaporkan bertambah 127. Hingga saat ini, total 4.143 kasus kematian akibat Corona.

Pemerintah juga melaporkan data terbaru terkait penanganan Covid-19. Ada 36.380 kasus suspek Corona yang dipantau kemarin. "Kita masih melakukan pengawasan pada kasus suspek sebanyak 36.380 orang," kata Achmad Yurianto.

Luar Negeri
Sementara itu, Kasus warga negara Indonesia (WNI) positif Covid-19 di luar negeri menjadi 1.198. Berkurangnya jumlah kasus dari hari kemarin lantaran adanya beberapa WNI yang sudah kembali ke Indonesia.

Informasi mengenai penambahan kasus WNI positif Corona ini disampaikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melalui akun Twitter resminya, @Kemlu_RI. Data ini dihimpun Kemlu per pukul 08.00 WIB, Senin (20/7).

"Beberapa WNI telah pulang ke Indonesia sehingga total WNI terkonfirmasi COVID-19 di luar negeri adalah 1.198: 795 sembuh, 95 meninggal & 308 dalam perawatan," tulis Kemlu.

Data terbaru menyebutkan terdapat penambahan WNI yang terkonfirmasi COVID-19 di Qatar dan Mesir. Selain itu, ada juga WNI yang sembuh di Qatar dan Mesir.

"Tambahan WNI terkonfirmasi #COVID19 di Qatar dan Mesir, sembuh di Qatar dan Mesir," lanjut Kemlu. (Okz/detikcom/d)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com