Tiba di Bandara Silangit, Hari Ini Wapres Buka ISBFE di Parapat


447 view
Tiba di Bandara Silangit, Hari Ini Wapres Buka ISBFE di Parapat
(Foto: Dok/Diskominfo Sumut)
SAMBUT: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumut, Nawal Lubis menyambut kedatangan  Wapres Ma’ruf Amin dan istrinya Wury Ma’ruf Amin di Bandara Internasional Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis (9/12). 

Taput (SIB)

Wapres KH Ma'ruf Amin beserta rombongan tiba di Bandara Internasional Silangit, Tapanuli Utara (Taput), Kamis (9/12).


Mendarat sekitar pukul 15:15 WIB, Wapres disambut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Kabinda Sumut Brigjen Asep Jauhari Pujalaksana dan Bupati Taput Nikson Nababan diwakili Sekda Taput Indra Simare-mare.


Turun dari pesawat Boeing 737-400 TNI AU, Wapres Ma'ruf Amin yang didampingi istrinya Wury Ma'ruf Amin dan Menteri Pertanian Yasin Limpo disambut dengan adat Taput dan dikenakan ulos khas daerah itu. Sambil menuju ruang transit VIP, Wapres tampak berbincang-bincang dengan Gubernur yang didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis.


Wapres beserta rombongan kemudian bertolak ke Parapat, melalui jalan darat. Dijadwalkan Wakil Presiden ke-13 RI ini akan membuka Acara Rempah Nasional dan Indonesian Spicies Forum & Pameran Business Expo (ISFBE) di Niagara Hotel Lake Toba & Resort.


Tiba di Niagara Hotel, Wapres disambut Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga, Dandim Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka dan Partuha Maujana sekaligus disematkan ulos Simalungun sebagai pertanda atau ucapan selamat datang di Tano Habonaron do Bona.


ISBFE 2021 sendiri merupakan sebuah acara yang diinisiasi oleh Dewan Rempah Indonesia sebagai momentum mengembalikan kejayaan rempah nusantara di masa lalu untuk diduplikasikan guna meraih kejayaan rempah di masa depan. Acara itu juga menjadi sarana komunikasi langsung para petani, pengusaha, UMKM dan pengolah rempah dalam satu forum bisnis yang konkret, terukur dan meningkatkan ekonomi nasional melalui perniagaan rempah baik di Indonesia maupun mancanegara.


Pemprov Sumut selaku tuan rumah acara itu bekerja sama dengan Kementan, Kadin Sumut dan Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) mengusung tema "Rebut Kembali Kejayaan Rempah Indonesia". Acara itu akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 10 hingga 12 Desember 2021.


Ma'ruf Amin beserta rombongan dijadwalkan akan kembali ke Jakarta, Jumat (10/12) Pukul 14:35 WIB melalui Bandara Udara Internasional Silangit. Ini kedua kalinya Ma'ruf Amin berkunjung ke Sumut sebagai Wapres, sebelumnya di bulan lalu dia berkunjung ke Kota Medan membahas Pemberdayaan Masyarakat.


Optimis

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal ISBFE, Lies Handayani Siregar MMA (Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumut) menyebutkan pihaknya optimis pelaksanaan ISBFE akan sesuai harapan dan target. Selain karena didukung penuh jajaran pemerintah pusat melalui departemen terkait, juga didukung para instansi paralel di seluruh (33 daerah) kabupaten-kota di Sumut, plus dukungan para dunia usaha melalui asosiasi-asosiasi bisnis.


Seminar akan menampilkan para narasumber ahli di bidang produk dan prospek rempah, seperti Dr Musdalifah Machmud (Deputi Bidang Pangan-Agribisnis, Kemenko Ekonomi) tentang peran pelaku koperasi dan UKM sektor informal dalam bisnis rempah. Dirjen Perkebunan Kementan RI tentang Program Grasida: Pala, Lada, Cengkeh, Kayumanis dan Vanila dalam peningkatan produksi rempah. Dirjen Pengembangan Kawasan Kementerian PDT-Transmigrasi tentang pemanfaatan lahan transmigran untuk budidaya rempah. Dirjen Hortikultura Kementan RI tentang pemanfaatan rempah sebagai kuliner dan kesehatan, Edi Santoso dari ITB akan mengangkat topik pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan mutu dan produksi nilai tambah dengan serta rekayasa industri rempah.


“Satu-satunya pembicara lokal di seminar ini adalah Dr Tumiur Gultom SP MP, dewan pakar Dewan Rempah Indonesia (DRI) Sumut, dengan topik potensi dan prospek Andaliman ditinjau sebagai rempah khas Sumut dari Toba-Tapanuli. Sumut ini kaya dengan rempah tapi sangat minim ahlinya,” ujar Clement HJ Gultom, wakil ketua panitia ISBFE Sumut, kepada SIB.


Selaku praktisi bisnis pariwisata di Boraspati Tour-Travel, Gultom mengaku lebih tertarik dengan potensi turisme atas kunjungan dan kedatangan Wapres Maruf Amin dan Menparekraf Sandiaga Uno yang dikabarkan sudah tiba di daerah ini Rabu kemarin, untuk even penting di Toba dan Samosir, sebelum membuka dan menghadiri ISBFE tersebut. (Rel/A13/D9/A5/d)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com