Tidak Lagi Langganan Koran, FPDIP Usul Panggil Kadis Kominfo Medan

* Fraksi Gabungan Nilai Kebijakan Kominfo Bertentangan dengan Tupoksinya

187 view
Tidak Lagi Langganan Koran, FPDIP Usul Panggil Kadis Kominfo Medan
Foto Dok
Robbi Barus
Medan (SIB)
Ketua Fraksi Gabungan DPRD Medan Renville Napitupulu menyayangkan Pemko Medan tidak lagi berlangganan koran sebagai sumber informasi, terlebih kepada Dinas Kominfo yang tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) adalah bidang informasi seharusnya melanggani koran.

“Kebijakan Kominfo Pemko Medan sudah bertentangan dengan tupoksinya. Keputusan Kominfo sangat bertentangan dengan pemanfaatan informasi yang dapat dijadikan pejabat Pemko dalam mengambil keputusan penting,” kata Renville kepada wartawan, Kamis (7/1).

Apalagi, lanjut dia, Dinas Kominfo salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko yang perlu mendapat dukungan dari berita-berita koran, sebagai informasi bagi rakyat akan kebijakan dikeluarkan pemerintah. “Mungkin pejabat-pejabat di Pemko enggan atau kurang berminat membaca koran, padahal itu suatu informasi,” terang Ketua DPD PSI Kota Medan ini.

Hal senada dikatakan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Robbi Barus. Ia merasa heran kenapa Pemko enggan berlangganan koran, padahal dari koran terdapat informasi lengkap, terpercaya dan beritanya berimbang. Sebagai anggota Komisi I yang salah satunya membidangi Dinas Kominfo, Robbi mengaku pihaknya tidak mengetahui dinas ini tidak menganggarkan koran lagi untuk tahun angaran 2021. Karena Kominfo tidak mengungkapkan pada pembahasan anggaran tahun lalu.

Fraksi PDI Perjuangan ingin mengetahui apa persoalan sebenarnya di balik tidak dilangganinya lagi koran oleh Pemko. Padahal Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengimbau agar Pemkab dan Pemko tetap melanggani koran, sehingga kebijakan Pemko sangat bertentangan dengan kepemimpinan di atasnya.

“Untuk itu, kami dari Fraksi PDI Perjuangan menyarankan agar Komisi I memanggil Dinas Kominfo untuk menjelaskan apa persoalan dalam penganggaran pengadaan surat kabar. Saya duduk di Komisi I, akan saya ajukan kepada ketua komisi dan rekan-rekan lain untuk melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Kominfo,” tegasnya. (M10/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com