Terbukti Korupsi Revitalisasi Perkebunan

Tiga Mantan Petinggi PT PSU Divonis Bervariasi


589 view
Tiga Mantan Petinggi PT PSU Divonis Bervariasi
Foto: Internet
Ilustrasi.

Medan (SIB)

Tiga mantan petinggi di PT Perkebunan Sumatera Utara (PSU) terbukti telah melakukan korupsi pengembangan perkebunan melalui program revitalisasi perkebunan yang merugikan negara miliaran rupiah. Putusan itu dibacakan Hakim Ketua, Sulhanuddin di Ruang Cakra II Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jumat (15/7) malam.


Terdakwa pertama, Darwin Sembiring selaku Ketua Panitia Ganti Rugi yang juga Manager Kebun Simpang Koje tahun 2007-2010 divonis 9 tahun penjara dan denda sebesar Rp 750 juta subsider 6 bulan kurungan.


Selain itu, Darwin Sembiring juga dihukum pidana tambahan berupa pembayaran Uang Pengganti (UP) sebesar Rp 13 miliar.


"Dengan ketentuan, apabila terdakwa tidak membayar uang pengganti dan harta bendanya tidak mencukupi, maka diganti dengan pidana penjara selama 5 tahun," pungkas hakim Sulhanuddin.


Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Oktafian Syah Effendi menuntut 18 tahun penjara dan denda sebesar Rp750 juta subsider 6 bulan kurungan serta membayar uang pengganti sebesar Rp78.881.113.935 subsider 9 tahun penjara.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com