Tiga Prakongres akan Digelar Jelang Kongres Pertama Kebudayaan Batak Toba


358 view
Tiga Prakongres akan Digelar Jelang Kongres Pertama Kebudayaan Batak Toba
(Foto: Sib/Dok)
AUDIENSI : Panitia Prakongres Kebudayaan Batak Toba beraudiensi dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbudristek, Dr Hilmar Farid di Kantor Kemendikbudristek beberapa waktu lalu. Dari kiri: Drs Nelson Lumbantoruan MHum, (Kadiv Pemasaran Mancanegara BPODT), Wahyudito Galih Indharto (Direktur Pemasaran BPODT), Yayuk (Koordinator Pengembangan Kebudayaan), Dr Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan), Prof Dr Robert Sibarani MS (Ketua Panitia Kongres), dan Drs Tigor Tampubolon (Sekretaris Panitia Kongres). 

Jakarta (SIB)

Kongres Pertama Kebudayaan Batak Toba akan digelar di Balige pada 20-22 Oktober 2022. Namun sebelum kongres bakal digelar Prakongres Kebudayaan Batak Toba di tiga kota yaitu Tarutung, Jakarta, dan Jerman.

Prakongres di Tarutung akan digelar pada Sabtu, 6 Agustus 2022 di Kampus Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) dan didukung penuh Rektor IAKN Tarutung, Prof Dr Albiner Siagian.

“Tema Prakongres adalah ‘Penyusunan Pedoman Ejaan Bahasa Batak Toba dan Panduan Penulisan Aksara Batak Toba’,” jelas Sekretaris Panitia Kongres Kebudayaan Batak Toba, Drs Tigor Tampubolon di Jakarta, Kamis (4/8).

Tigor menambahkan, Prakongres Kebudayaan Batak Toba kelak dihadiri, para kepala dinas dan guru-guru dari Kabupaten Tapanuli Utara, Toba, Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Dosen IAKN Tarutung, Yayasan Pelestari Kebudayaan Batak, Grup Palambok PusuPusu, Sarimpang Art, dosen dan mahasiswa Program Studi Sastra Batak Universitas Sumatera Utara (USU), Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), dan pemerhati kebudayaan, khususnya bahasa Batak Toba yang mendaftarkan diri secara perseorangan.

Ketua Panitia Kongres Pertama Kebudayaan Batak Toba, Prof Dr Robert Sibarani, MS, mengatakan Prakongres berikutnya diselenggarakan di Jakarta yang akan membahas masalah "Penyusunan Tata Bahasa Batak Toba”.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 27-28 September 2022 di Gedung Kemendikbud Ristek, Jakarta,” ujar Robert yang juga Dosen Sekolah Pascasarjana USU dan Ketua Lembaga Penelitian USU ini.

Tuan Rumah Prakongres di Jakarta adalah Batak Center yang dipimpin oleh Ketua Umum Ir SM Tampubolon dan Sekjen Drs Jerry Sirait. Batak Center membentuk panitia lokal guna menyukseskan Prakongres di Jakarta.

Berbagai kegiatan kebudayaan diselenggarakan, antara lain, lomba Karya Tulis Aksara Batak Toba, Karya Tulis Berbahasa Batak Toba, Pidato Berbahasa Batak Toba, Maruning-uningan, Marumpasa, dan Martumba (versi Tiktok).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com