Tim Sepakbola Brasil Raih Emas Olimpiade 2020

Kanada Raih Emas Sepakbola Putri

257 view
Tim Sepakbola Brasil Raih Emas Olimpiade 2020
Foto: Antara/REUTERS/Stoyan Nenov
RAYAKAN: Pemain Brazil merayakan gol Malcom saat melawan  Spanyol dalam laga perebutan medali emas sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 di Jepang, Sabtu (7/8). Brazil bermain imbang 1-1 di waktu normal dan berhasil menang 2-1 berkat gol Malcom saat perpanjangan waktu.
Yokohama (SIB)
Brasil meraih medali emas Olimpiade 2020 usai menaklukkan Spanyol di partai puncak. Tim Samba menang 2-1 dalam laga yang lanjut hingga babak tambahan.

Babak final sepakbola putra Olimpiade Tokyo 2020 mempertemukan Brasil vs Spanyol. Pertandingan digelar di Stadion Internasional Yokohama, Sabtu (7/8/2021) petang WIB.

Kedua kesebelasan bermain menyerang sejak awal pertandingan. Spanyol nyaris mencetak gol di menit ke-15 ketika Diego Carlos nyaris menceploskan bola ke gawang sendiri, sebelum disapu keluar oleh bek Brasil itu.

Penalti! Brasil mendapat peluang emas mencetak gol dari titik putih di menit ke-38. Video Assistant Referee (VAR) menunjukkan pelanggaran Unai Simon di kotak terlarang.

Meleset! Richarlison yang menjadi eksekutor Brasil gagal menunaikan tugasnya dengan sempurna. Bola sepakannya melayang di atas mistar gawang Spanyol.

Gol! Brasil membuka skor di menit injury time babak pertama. Matheus Cunha mencetak gol lewat bola tendangan voli di kotak penalti, memaksimalkan umpan lambung Dani Alves. Tim Samba unggul 1-0 hingga turun minum.

Kedua tim tidak mengendurkan serangannya di babak kedua. Richarlison nyaris menggandakan keunggulan Brasil di menit ke-51 via bola tendangannya yang membentur Unai Simon, sebelum menghantam mistar gawang.

Gol! Spanyol menyamakan kedudukan di menit ke-61. Carlos Soler mengirim bola crossing ke kotak penalti Brasil yang langsung disambar Mikel Oyarzabal menjadi gol. Skor berubah 1-1.

Kedua tim berupaya menambah gol di sisa waktu yang ada. Namun, skor 1-1 bertahan hingga babak kedua berakhir. Laga berlanjut di babak tambahan.

Brasil menggempur pertahanan Spanyol di paruh pertama babak tambahan. Rapatnya barisan belakang Spanyol gagal ditembus Richarlison dkk. Tidak ada gol tercipta hingga jeda.

Gol! Brasil mencetak gol kedua di menit ke-109. Malcom menerima bola umpan lambung Antony di sisi kiri, sebelum membawa bola ke kotak penalti dan menendangnya masuk ke gawang Spanyol.

Skor 2-1 untuk kemenangan Brasil bertahan hingga laga tuntas. Tim Samba keluar sebagai pemenang medali emas sepakbola putra Olimpiade 2020.

Brasil pun sukses mempertahankan medali emas Olimpiade, setelah di tahun 2016 berhasil keluar menjadi juara. Negara di Amerika Latin itu total sudah mengumpulkan dua medali emas di cabor sepakbola putra Olimpiade sepanjang sejarah.
Kanada raih emas sepak bola putri.

Sementara itu, Tim Kanada meraih medali emas sepak bola putri Olimpiade Tokyo 2020 setelah menang adu penalti 3-2 melawan Swedia setelah partai final berakhir imbang 1-1 di Stadion Internasional Yokohama, Kanagawa, Jumat.

Swedia memimpin leih dulu melalui Stina Blackstenius hingga turun minum sebelum tendangan penalti Jessie Fleming membuat Kanada menyamakan kedudukan hingga waktu normal dan babak tambahan berakhir.

Adu penalti berlangsung alot hingga enam algojo kedua tim mendapat giliran. Sementara penendang keenam Swedia Jonna Andersson gagal melakoni tugasnya, Julia Grosso mampu menyarangkan bola ke dalam gawang untuk memastikan Kanada menyabet emas, demikian catatan laman resmi Olimpiade. (Detiksport/Antaranews/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com