Tren Positif Berlanjut, Kasus Corona Mingguan RI Turun 40 Persen-Kematian 48 Persen


124 view
Tren Positif Berlanjut, Kasus Corona Mingguan RI Turun 40 Persen-Kematian 48 Persen
Foto Istimewa
Ilustrasi swab
Jakarta (SIB)
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memaparkan perkembangan penyebaran Covid-19 mingguan di Indonesia. Pada minggu ini, kasus positif Corona turun sebanyak 40%.

"Secara nasional terjadi penurunan kasus mingguan sebanyak 40% dan penurunan angka kematian sebesar 48%, jika kita bandingkan pada minggu sebelumnya," kata Juru Bicara Kemenkes untuk vaksinasi, Siti Nadia Tarmizi, dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (22/9).

Akan tetapi, masih ada 2 provinsi yang mengalami kenaikan kasus kematian. Dua provinsi tersebut adalah Kalimantan Utara dan Bangka Belitung.

"Namun, masih ada beberapa provinsi yang masih mencatatkan insidensi dan angka kematian yang relatif tinggi, yaitu di Provinsi Kalimantan Utara dan Bangka Balitung," ungkap Siti Nadia.

Pemerintah hingga kini terus berupaya meningkatkan testing Corona di Indonesia. Tercatat, ada peningkatan angka testing secara nasional pada minggu ini.

"Testing mingguan rate nasional kita meningkat menjadi 4,22 orang yang diperiksa per 1.000 penduduk per minggu. Angka ini terus meningkat dibandingkan minggu lalu dan sudah mencapai lebih dari standar WHO, yaitu 1 orang yang diperiksa per 1.000 penduduk per minggu," ucapnya.

"Seluruh provinsi telah mencapai standar minimal tersebut dan beberapa provinsi yang mencatatkan testing rate yang cukup tinggi, yaitu Bali, Riau, Kalimantan Timur, dan DKI Jakarta," sambungnya.

Lebih lanjut, Siti Nadia juga memaparkan positivity rate test Corona. Pada minggu ini, positivity rate nasional berada di angka 1,9 persen.

"Positivity rate mingguan nasional juga sudah mencapai angka 1,9 persen, kurang dari 5 persen sesuai dengan standar WHO, dan 34 provinsi telah mencapai target positivity rate kurang dari 5 persen," paparnya.

Selain itu, penurunan juga terjadi pada tingkat keterisian ruang perawatan pasien Corona atau bed occupancy rate (BOR). Siti Nadia menyebut tidak ada daerah yang mencatatkan BOR di atas 80 persen.

Tambah 2.720
Sementara itu, pemerintah kembali melaporkan data perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air. Dilaporkan, kasus baru positif Corona sebanyak 2.720 kasus.

Data kasus Covid-19 ini disampaikan BNPB, Rabu (22/9). Data diperbarui setiap hari per pukul 12.00 WIB.
Penambahan kasus positif sebanyak 2.720 itu membuat total positif Corona di Indonesia menjadi 4.198.678 kasus sejak kasus pertama ditemukan pada Maret 2020.

Dari total kasus positif itu, 49.662 merupakan kasus aktif Corona. Artinya 49.662 itu pasien yang masih positif Corona di RI hingga hari ini. Jumlah itu turun 2.785 kasus dari hari sebelumnya.

Pemerintah juga melaporkan kasus sembuh sebanyak 5.356 kasus. Jadi total kasus sembuh dari Corona hingga sebanyak 4.008.062 kasus.

Selain itu, ada pasien Corona yang meninggal dalam 24 jam terakhir, yaitu sebanyak 149 kasus. Jadi total kasus kematian akibat Corona menjadi 140.954.

Pemerintah juga melaporkan jumlah kasus suspek yang dipantau kemarin, yaitu sebanyak 373.201 orang. Sedangkan jumlah spesimen yang diuji sebanyak 256.163.

Pemerintah terus mengimbau warga menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, serta menjaga jarak.

Hingga saat ini, pemerintah juga masih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2, 3, dan 4 untuk menekan laju penyebaran Corona. Warga diminta menaati aturan yang diberlakukan selama PPKM agar pandemi virus Corona dapat teratasi.

Pemerintah pun telah melakukan vaksinasi Corona bagi warga. Ada 82.113.778 penduduk yang telah disuntik vaksin Corona dosis lengkap dari target 208.265.720 warga. (detikcom/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com