Tukang Las di Kisaran Buat Helikopter


517 view
Tukang Las di Kisaran Buat Helikopter
Foto: Dok/Januar
HELIKOPTER: Muhammad Irwan Piliang (56) menunjukkan helikopter buatannya di bengkel las miliknya, Jumat (26/3).
Kisaran (SIB)
Ingin memberikan semangat bagi generasi muda serta membuktikan diri ahli di bidangnya, seorang pemilik bengkel las di Kisaran membuat helikopter dengan bahan utama dari besi dan mesin sepeda motor sebagai penggeraknya .

"Kurang lebih satu bulan saya membangun helikopter ini. Sekarang sudah mencapai 85 persen dengan menelan biaya sekira Rp 7 juta," jelas pemilik Bengkel Las One Black Muhammad Irwan Piliang (56) warga Gg XL Jalan Akasia Kelurahan Mekar Baru Kisaran, saat berbincang dengan wartawan, Jumat (26/3).

Ia mengaku termotivasi membangun helikopter saat masih muda. Karena kesibukan, keinginan itu dipendam beberapa lama. Baru sekarang ini dirinya merealisasikan dengan membuat rancangan di kertas bekas kalender.

"Saya buat dan rakit satu per satu rancangannya. Selama satu bulan hasil kerja sudah terlihat dengan membuat rangka helikopter. Untuk mesin digunakan mesin sepeda motor matic 110 cc. Panjang helikopter sekitar 3 meter dengan tinggi 2,5 meter dan bobotnya sekira 70 kg. Sekarang lagi finishing dan dalam waktu dekat saya akan uji terbang. Saya yakin 85 persen helikopter buatan saya bisa terbang," jelasnya.

Irwan membangun helikopter itu sendirian tanpa ada bantuan orang lain alias main tunggal. Dikatakan, terkadang saat perakitan tidak sesuai dengan rancangannya sehingga dibongkar dan dibuat ulang hingga dirinya terkadang begadang untuk menyelesaikan helikopter.

Ia juga mengakui, saat mulai membangun helikopter tersebut banyak cemoohan dan dirinya dinilai gila oleh warga sekitar. Namun dirinya tidak pernah memperdulikan hal itu dan tetap fokus menyelesaikan rancangannya.

Menurutnya, pembuatan helikopter itu juga sebagai motivasi bagi generasi muda bahwa dalam berkarya tidak ada batasan, tapi diperlukan kerja nyata. “Meski tidak mudah, tapi bila dengan keyakinan dan kemauan yang kuat serta tidak mudah menyerah, usaha itu akan bisa tercapai.

Jangan pernah menyerah dengan keadaan dan tetap tunjukkan karya kita," jelasnya. (E14/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com