Ukir Sejarah, Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023

Kawinkan Gelar Piala Dunia U-17 dan Piala Eropa U-17

531 view
Ukir Sejarah, Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
ANGKAT TROFI: Pesepak bola Timnas Jerman mengangkat trofi juara Piala Dunia U-17 2023 usai mengalahkan Timnas Prancis pada laga final di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/12).

Solo (SIB)

Jerman berhasil mengukir sejarah setelah berhasil meraih juara Piala Dunia U-17 2023 usai mengalahkan Prancis melalui drama adu penalti 4-3 setelah bermain imbang 2-2 pada laga final di Stadion Manahan, Jawa Tengah, Sabtu (2/12). Ini merupakan trofi pertama untuk Der Panzer selama mengikuti turnamen sepak bola kelompok umur tersebut.

Jerman tampil cukup dominan selama menjalani pertandingan final Piala Dunia U-17. Dalam 30 menit pertama, Paris Brunner dkk mampu menciptakan lima tendangan dan satu di antaranya mengancam gawang Argney.

Setelah berjuang mengamankan kesucian gawang Prancis, Argney akhirnya harus puas memungut bola dari gawangnya setelah Brunner mencetak gol melalui titik putih setelah pemain Jerman dijatuhkan di kotak terlarang.

Ini merupakan gol kelima Brunner sepanjang tampil di Piala Dunia U-17 2023. Skor 1-0 untuk keunggulan Jerman bertahan hingga interval pertama usai.

Jika mengacu pada statistik pertandingan di babak pertama, Der Panzer tampil cukup mengerikan. Meski Jerman dari segi penguasaan bola kalah dengan persentase 36 persen berbanding 64 persen.

Namun, Der Panzer lebih efektif dalam membangun serangan. Terbukti, ada empat tendangan mengarah ke gawang dan satu menjebol gawang Prancis. Sementara lawan hanya mampu menciptakan dua tendangan dan satu di antaranya mengancam gawang Heide.

Di babak kedua, Jerman hanya membutuhkan waktu enam menit untuk menggandakan kedudukan menjadi 2-0.

Adalah Darvich, yang mampu mencetak gol untuk Der Panzer. Selang dua menit kemudian, Prancis merespon dengan mencetak gol melalui aksi Bouabre.

Pada menit 69, Jerman terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah Mark Osawe menerima kartu kuning kedua. Unggul dalam jumlah pemain, Prancis berusaha untuk mencari gol penyeimbang. Namun tebalnya tembok pertahanan Jerman membuat skor belum berubah.

Petaka akhirnya datang, lima menit sebelum pertandingan usai, Prancis akhirnya sukses menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak Mathias Amougou usai menerima umpan akurat rekan setimnya.

Hingga peluit dibunyikan skor imbang 2-2 tak berubah. Pertandingan final dilanjutkan ke drama adu penalti. Dalam drama tos-tosan, Jerman menang dengan skor 4-3.

KAWINKAN GELAR

Jerman berhasil menjadi juara di Piala Dunia U-17 2023. Hal itu membuat Die Mannschaft mampu mengawinkan dua gelar dengan gelar Piala Eropa U-17.

Ini adalah gelar pertama bagi Jerman di ajang Piala Dunia U-17. Lebih mantapnya lagi, Jerman mampu mengawinkannya dengan gelar Piala Eropa U-17, yang didapat pada Juni 2023 di Hungaria.

Penghargaan

Piala Dunia U-17 2023 telah selesai. FIFA memberikan penghargaan individu dan tim untuk pemain dan tim terbaik di turnamen ini.

Fair Play Award

Penghargaan pertama yang diberikan di turnamen ini adalah FIFA Fair Play Award.

Penghargaan ini diberikan kepada tim yang menjunjung semangat fair play tinggi di turnamen ini. Indikator yang digunakan adalah jumlah kartu yang didapatkan.

Timnas Inggris didapuk menjadi pemenang penghargaan fair play award.

Pencetak Gol Terbanyak

Di turnamen ini, FIFA juga memberikan penghargaan bagi para pencetak gol terbanyak di turnamen ini. Pemenang Bronze Boot di turnamen ini adalah pemain timnas Argentina, Claudio Echeverri yang berhasil mencetak lima gol. Sementara Silver Boots dimenangkan oleh pen kapten Timnas Mali, Ibrahim Diarra.

Sementara pemenang golden boots di turnamen ini adalah striker Timnas Argentina u-17, Agustin Ruberto yang mencetak sembilan gol.

Sarung Tangan Emas

Penghargaan ini diberikan kepada kiper dengan jumlah clean sheet terbanyak. Kiper timnas Prancis U-17, Paul Argney berhasil memenangkan penghargaan tersebut. Karena sang kiper memiliki catatan impresif.

Hingga babak perempat final, gawangnya sama sekali tidak pernah bobol. Ia baru kebobolan pertama kali melawan Mali di semifinal. Dengan lima clean sheet, Argney didaulat jadi kiper terbaik di turnamen ini.

Pemain Terbaik

Penghargaan ini diberikan kepada pemain-pemain yang dirasa memberikan kontribusi besar di turnamen ini. Untuk gelar bronze ball didapatkan pemain Timnas Prancis u-17, Mathis Amagou. Sementara gelar silver ball didapatkan pemain Timnas Mali U-17, Hamidou Makalou.

Sementara pemenang penghargaan terbaik alias golden ball dianugerahkan kepada penyerang Timnas Jerman U-17, Paris Brunner.

Daftar Lengkap

Berikut adalah daftar lengkap penghargaan Piala Dunia U-17 2023.

Fairplay Awards: Timnas Inggris U-17

Bronze Boots: Claudio Echeverri (Argentina)

Silver Boots: Ibrahim Diarra (Mali)

Golden Boots: Agustin Ruberto (Argentina)

Golden Gloves: Paul Argney (Prancis)

Bronze Ball: Mathis Amagou (Prancis)

Silver Ball: Hamidou Makalou(Mali)

Golden Ball: Paris Brunner (Jerman)

Medali Perunggu: Timnas Mali U-17

Medali Perak: Timnas Prancis U-17

Medali Emas/Juara: Timnas Jerman U-17. (Sindonews/bola.net)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com