Ungguli Perolehan Suara, Putra Sulung Jokowi Gibran akan Sowan ke Paslon Bajo


279 view
Ungguli Perolehan Suara, Putra Sulung Jokowi Gibran akan Sowan ke Paslon Bajo
Antara/Mohammad Ayudha
Calon Wali Kota Solo nomor urut satu, Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan istri Selvi Ananda (kanan) menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak 2020 di TPS 22, Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu 9 Desember 2020.
Solo (SIB)
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 diwarnai isu dinasti politik ketika sejumlah kerabat dari pejabat negara menjadi Calon Kepala Daerah (Cakada).

Ada putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo. Ada menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution di Pilkada Medan.

Dalam hasil hitung cepat, Bobby yang berpasangan dengan Aulia unggul sementara di Pilkada Medan.

Sama dengan Calon Wali Kota Surakarta (Solo) Gibran Rakabuming Raka unggul jauh pada quick count Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo.

Quick count Voxpol Center pada Rabu 9 Desember 2020 pukul 16. 26 WIB menampilkan suara masuk sebanyak 99,16 persen.

Berikut hasil perolehan sementara Pilkada Surakarta (Solo):

Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa: 86.65 %

Bagyo Wahyono-Fx Supardjo: 13.34 %

Pilkada Solo 2020 hanya diikuti dua pasangan calon yaitu Gibran-Teguh dan Bagyo-FX Supardjo. Gibran Teguh diusung PDI-P, PAN, Partai Golkar, Gerindra, dan PSI. Sedangkan Bagyo-FX Supardjo maju lewat jalur perseorangan. Mereka didukung organisasi kemasyarakatan Tikus Pithi Hanata Baris.

Hasil quick count ini bukan hasil resmi. KPU nantinya akan melakukan rekapitulasi secara berjenjang untuk menetapkan pemenang Pilkada Medan 2020.

Bagi Anda yang penasaran dengan hasil hitung cepat atau quick count perolehan suara Pilkada Serentak 2020 lainnya, Anda dapat menyaksikannya di sini.

Sowan ke Bajo
Dari hasil hitung cepat tersebut suara masuk 206.204 dan jumlah DPT masuk 954 dari 1231 TPS. Data tersebut hasil rekap pukul 18.30 WIB.

Dari hasil hitung cepat sementara ini, Gibran mengaku bersyukur atas keunggulan dari paslon nomor urut 02. Dalam jumpa pers, Gibran pascapilkada ini berencana menemui paslon Bagyo Wahyono " FX Suparjo (Bajo).

“Setelah ini belum ada agenda. Namun kalau sudah waktunya, saya dan Pak Teguh akan sowan ke Pak Bagyo dan Suparjo (Bajo),” tutur Gibran.

Kapan pastinya pertemuan tersebut, Gibran mengemukakan akan dilakukan jika keduanya sudah longgar pascapilkada. Rencana pertemuan tersebut bagian dari merangkul semua pihak usai pilwakot.

“Biar bagaimanapun ini kan (pilwakot) sudah selesai. Sudah tidak ada lagi kubu-kubuan, semua warga Solo bahu-membahu membantu untuk membangun Solo lebih baik lagi ke depan,” terang Gibran.

Dia menambahkan, setelah Pilwakot sembari menunggu hasil resmi dari KPU Surakarta, Gibran tetap beraktivitas seperti biasa, yakni blusukan untuk bertemu warga.

“Setelah ini ya tetap blusukan dengan kegiatan sosial membantu warga menangani Covid-19, membagikan masker dan penyemprotan disinfektan pada warga,” ucap putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Di lain itu, dia bersama Teguh Prakosa akan segera berkomunikasi dengan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo untuk melakukan proses sinkronisasi program.

Kami siapkan proses transisi pemerintahan supaya berjalan dengan baik setelah resmi ditetapkan KPU sebagai pemenang. Kita tunggu dulu hasil resmi KPU, kata dia. (Wartapontianak/Ayosemarang.com/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com