Vaksinasi Warga di Aceh Lambat, Penyebabnya Warga Tak Yakin


183 view
Vaksinasi Warga di Aceh Lambat, Penyebabnya Warga Tak Yakin
(Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Menkes Budi Gunadi Sadikin 
Jakarta (SIB)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut proses vaksinasi di Aceh terkesan lambat. Budi meminta bantuan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) agar meyakinkan warga Aceh untuk divaksin Covid-19.

"Itu Aceh itu termasuk sangat pelan penyuntikannya. Itu vaksinasinya itu sangat pelan kalau dibandingkan daerah-daerah lain," ujar Budi dalam diskusi berjudul 'Upaya Akselerasi Pencapaian Target Vaksinasi Covid-19, Kendala dan Solusi' di akun YouTube PB Ikatan Dokter Indonesia, Minggu (18/4).

Budi sempat membandingkan lamanya pelaksanaan vaksinasi di Aceh dengan Papua. Dia masih memaklumi jika yang mengalami keterlambatan vaksinasi berada di wilayah Papua.

"Tapi Aceh itu termasuk yang memang mungkin belum 100 persen kita bisa berhasil yakinkan," kata Budi.

Oleh karena itu, dia meminta bantuan kepada IDI untuk sama-sama membujuk warga Aceh.

"Kami minta bantuan kepada IDI agar meyakinkan masyarakat Aceh agar mau divaksin," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Budi menyebut vaksinasi di Indonesia saat ini sudah menembus angka 16,5 juta dosis yang telah disuntikkan ke masyarakat. Angka tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu negara terdepan yang telah menyuntikkan vaksin ke warganya, terutama di negara-negara yang tidak memiliki produksi vaksin sendiri.

Untuk diketahui, saat ini dosis vaksin menjadi rebutan di seluruh dunia. Menurut Budi, saat ini hanya beberapa negara yang mengekspor vaksinnya ke negara lain. Negara yang masih mengekspor vaksin Covid-19 ialah India, China, dan Rusia. (detikcom/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com