Sekretaris Satgas Covid-19 Pematangsiantar

WHO Rekomendasikan Jenazah Covid-19 Bisa Dimakamkan di TPU


167 view
WHO Rekomendasikan Jenazah Covid-19 Bisa Dimakamkan di TPU
(Foto: Beritasatu Photo)
Ilustrasi pemakaman umum
Pematangsiantar (SIB)
Sekretaris Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Pematangsiatar, Drs Daniel Siregar mengatakan, setelah keluarnya rekomendasi dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), jenazah Covid-19 sudah bisa dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU).

"Pemerintah sudah mencoba mengakomodir, setelah keluar rekomendasi WHO, diturunkan lah itu ke Peraturan Menteri Kesehatan revisi kelima, bahwa jenazah Covid-19 sudah bisa dimakamkan di TPU," kata Daniel menyikapi riak-riak protes warga Kelurahan Kristen Pematangsiantar terkait pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Kampung Kristen, Selasa (10/8).

Daniel sependapat dengan Kepala Puskesmas Martimbang, dr Rosita Sinaga bahwa rekomendasi WHO menerangkan Covid-19 bisa hidup dalam sel yang hidup dan bertahan hanya 6 sampai 7 jam.

"Virus itu hidup hanya di sel yang hidup, virus berbeda dengan bakteri. Virus itu bisa bertahan di sel yang hidup, itu hanya 6 sampai 7 jam. Nah, di luar itu beda, makanya kan, proses pemulasarannya itu sudah dibuat sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) di rumah sakit. Jadi tak usah ada yang perlu dikawatirkan, karena proses dari rumah sakit sudah sesuai SOP," kata dr Rosita.

"Jadi yang kita harapkan, saling pengertian dan kerelaan kita bersama, Covid-19 bukan aib. Jangan sampai orang (mau dikuburkan) terakhir kalinya pun menderita. Ke liang kubur gak bisa masuk, coba. Jadi kami sangat mengharapkan kesedian kita semua," ujar Daniel.

Dia juga menyebut, memutus mata rantai Covid-19 adalah pekerjaan semua pihak. "Di Pematangsiantar mulai 10 Agustus sampai 23 Agustus 2021, masuk PPKM level 4, sama dengan Medan, maka akan terjadi pengetatan," pungkasnya. (D8/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com