Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Sejumlah Menteri Sampaikan Selamat Hari Pers Nasional


210 view
Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Sejumlah Menteri Sampaikan Selamat Hari Pers Nasional
Foto: ANTARA/HO-BPMI Setwapres/aa
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

Jakarta (SIB)

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 kepada insan pers di seluruh penjuru tanah air.

Sebagai pilar demokrasi keempat, Wapres Ma’ruf berharap pers Indonesia terus menjalankan peran dan fungsinya sebagai kontrol sosial, memperkuat demokrasi, turut mencerdaskan kehidupan bangsa, serta berperan dalam upaya menegakkan supremasi hukum.

"Dalam konteks penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu 2024, Wapres berharap pers Indonesia tetap mampu menjaga integritas dan independensi-nya," kata Juru Bicara Wapres Ma’ruf, Masduki Baidlowi, dalam keterangan tertulisnya pada Jumat.

Dengan demikian, ujarnya, pers terus berada di garda terdepan dalam penciptaan pemilu yang jujur, adil, dan damai untuk proses transisi kepemimpinan nasional dengan legitimasi politik, legal, dan etik yang kokoh.

Puncak HPN

Pemilihan Umum 2024 yang akan dilaksanakan pada Rabu (14/2) membuat fokus acara ataupun agenda-agenda pemerintah, lembaga, dan organisasi lain terpaksa ditunda, termasuk Hari Pers Nasional 2024.

Puncak peringatan HPN 2024 yang biasanya diperingati setiap 9 Februari setiap tahun juga diundur menjadi Selasa (20/2). Acara bagi kalangan dan insan pers juga akan digelar di Ancol, Jakarta Utara.

Presiden Joko Widodo akan hadir pada puncak HPN 2024 di Ancol. Oleh karena itu, Presiden Jokowi tidak memberikan ucapan selamat HPN.

”Presiden Jokowi biasanya langsung memberikan ucapan selamat HPN kepada insan pers di acara puncak HPN setiap tahunnya walaupun di daerah,” ujar Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey T Mahmuddin, yang juga Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Pers Kementerian Sekretariat Negara, Sabtu (10/2), dari Bandung.

Bey kemudian memberikan contoh puncak HPN di daerah ataupun di Jakarta yang selalu dihadiri Presiden Jokowi. ”Tahun lalu, 2023, di Medan, Sumatera Utara, tahun sebelumnya di Kendari, dan Presiden daring dari Istana Bogor karena kebetulan acara Presiden padat sekali waktu itu. Lalu, tahun 2021, di Istana Negara, Jakarta, dan tahun 2020 di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Sebelumnya, sebagaimana diberitakan Kompas.id, hingga Jumat (9/2) pukul 22.30, Presiden belum memberikan ucapan selamat Hari Pers Nasional. Biasanya, pada peringatan HPN, Presiden tak hanya mengucapkan hari jadi pers di Indonesia, tetapi juga hadir langsung dalam acara HPN meski diselenggarakan di luar Jakarta.

Karena akan hadir, Presiden Jokowi tidak memberikan ucapan selamat HPN. Presiden Jokowi biasanya langsung memberikan ucapan selamat HPN kepada insan pers di acara puncak HPN setiap tahunnya walaupun di daerah.

Ucapan Selamat

Sementara itu, sejumlah menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf menyampaikan ucapan selamat HPN Tahun 2024 yang diperingati, Jumat (9/2). Para menteri Jokowi mengungkapkan peran pers sangat penting dan fundamental bagi demokrasi.

“Pers memegang peran krusial dalam menjaga keseimbangan antarpilar penyelenggara negara, masyarakat, dan juga realitas yang terjadi di masyarakat,” ujar Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Anggota Kabinet Indonesia Maju juga mengapresiasi peran pers sebagai mitra pemerintah dalam mengedukasi masyarakat.

“Pers tidak kenal lelah membantu mewartakan program strategis pemerintah dan juga dengan bangga turut mempromosikan produk-produk lokal buatan anak bangsa,” kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki.

Hal senada disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi juga mengapresiasi kontribusi positif pers dalam menyukseskan program kerja kementerian yang ia pimpin.

“Jurnalis dan media adalah mitra Kemenlu dalam menyampaikan capaian diplomasi sekaligus mengedukasi publik mengenai prioritas politik luar negeri 4+1. Empat adalah diplomasi ekonomi, perlindungan WNI, kedaulatan, serta peningkatan peran Indonesia di kawasan maupun di tataran global, sementara plus satu-nya adalah infrastruktur diplomasi,” kata Retno.

Di bidang kesehatan, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menggarisbawahi peran krusial pers saat bangsa Indonesia menghadapi tantangan pandemi Covid-19 silam. Budi mencontohkan, pers sangat berkontribusi dalam keberhasilan program vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan pemerintah.

“Berkat bantuan pers, masyarakat banyak yang tercerahkan sehingga cakupan dosis 1 mencapai 83 persen­ dan imunisasi dosis 2 mencapai 71 persen,” kata Menkes.

Apresiasi juga disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga. Menurut Bintang, insan pers termasuk yang pertama yang mendukungnya dalam menjalankan tugas terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Mereka menemani penugasan saya ke manapun melangkah hingga ke pelosok-pelosok negeri di mana ada perempuan tersakiti yang tidak tersuarakan dan ada anak-anak yang tidak terpenuhi haknya,” kata Bintang.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman juga menyambut baik kontribusi pers dalam setiap aktivitasnya bersama dengan para petani di lapangan.

“Aktivitas saya sebagai Menteri Pertanian didominasi kegiatan lapangan. Saya ke sawah, saya berdialog dengan petani memastikan aktivitas produksi pangan berjalan dengan baik. Kami yakin tanpa dukungan pers maka kegiatan kami tidak bisa optimal,” ucap Amran.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati juga menggarisbawahi pentingnya pers sebagai mitra dalam mengedukasi masyarakat di bidang keuangan negara. Tak hanya itu, Sri Mulyani juga mengapresiasi kerja keras pers dalam menjaga integritas informasi bagi masyarakat serta membangun peradaban bangsa.

“Saya sangat menghargai kerja keras dan dedikasi para insan pers yang terus harus bekerja sangat keras beradaptasi dan bahkan harus melawan berbagai arus perubahan yang tidak selalu mampu menjaga kejernihan, kecerdasan, dan integritas informasi bagi masyarakat,” kata Menkeu.

Penghargaan atas kerja keras insan pers dalam memastikan program-program pemerintah terinformasikan kepada seluruh masyarakat juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

“Semoga pemerintah dan kalangan pers dapat terus berkolaborasi memberitakan informasi yang aktual dan terpercaya terkait kebijakan pemerintah khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” kata Sandi. (Antaranews/kompas.id/Bloomberg Technoz/d)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com