Walaupun Dipecat PDI-P, Enam Anggota DPRD Samosir Tetap Masuk AKD


474 view
Walaupun Dipecat PDI-P, Enam Anggota DPRD Samosir Tetap Masuk AKD
(dok)
[Ilustrasi] PDI Perjuangan. 
Samosir (SIB)
DPC PDI-P Kabupaten Samosir berhasil meraih delapan kursi di DPRD Samosir dari empat daerah pemilihan (dapil) pada Pileg Tahun 2019 lalu. Namun enam orang di antaranya akan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) akibat dampak Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati Samosir Tahun 2020 lalu.

Pemecatan terhadap enam kader PDIP yang duduk di kursi DPRD Samosir tidak berpengaruh terhadap pergantian Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Sesuai keputusan DPRD Kabupaten Samosir Nomor 170/09/KPTS/DPRD-SMR/2021 sudah ditetapkan susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) terbaru yang berlaku sejak 30 Agustus lalu.

Wakil Ketua DPRD Samosir, Nasib Simbolon kepada kepada wartawan, Kamis (2/9) mengatakan, pergantian AKD sudah sesuai dengan PP No 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD dan Peraturan DPRD No 1 Tahun 2020.
"Regulasinya sudah sesuai mekanisme yang berlaku dengan waktu maksimal 2,5 tahun.

Penetapan AKD berdasarkan keputusan fraksi-fraksi yang ada di DPRD Samosir”, kata Nasib Simbolon”, kata Nasib Simbolon.

Ketika ditanya, apakah tidak menyalahi ketentuan, karena enam anggota legislatif dari Fraksi PDI-P sudah dipecat oleh partainya?

Nasib Simbolon yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Samosir itu menyebutkan, sebelum ada rapat paripurna pengambilan sumpah PAW, para legislatif itu tetap memiliki hak penuh di DPRD Samosir.

"Artinya urusan pemecatan partai merupakan internal partai dan penetapan AKD ini merupakan usulan fraksi," kata dia menegaskan.

Sebelumnya diberitakan, enam anggota dewan dipecat PDI-P dan saat ini sedang proses Pergantian Antar Waktu (PAW).
Para legislatif yang akan di -PAW partainya itu antara lain, Ketua DPRD Saut Martua Tamba, Rismawati Simarmata, Renaldi Naibaho, Paham Gultom, Romauli Panggabean dan Harry Jono Situmorang.

Sedangkan susunan AKD di DPRD Samosir yang baru ditetapkan terdiri dari Ketua Komisi I Jonner Simbolon, Wakil Ketua Haposan Sidauruk, Sekretaris Parluhutan Sinaga, anggota Renaldi Naibaho, Romauli Panggabean, Magdalene Sitinjak, Nurmerita Sitorus dan Saurtua Silalahi.

Ketua Komisi II Polten Simbolon, Wakil Ketua Noni Silvia, Sekretaris Russel Baringin Sihotang, anggota Sorta Ertaty Siahaan, Pardon Lumbanraja, Polma H Gurning dan Suhanto Sitanggang.

Ketua Komisi III Pantas Lasidos Limbong, Wakil Ketua Jonny Sagala, Sekretaris Batahan Siringoringo, anggota Rismawati Simarmata, Harry Jono Situmorang, Paham Gultom dan Parluhutan Samosir. (G2/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com