Wali Kota Medan Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila dengan Pakaian Adat Batak Toba


147 view
Wali Kota Medan Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila dengan Pakaian Adat Batak Toba
(Foto: Dok/Diskominfo Medan)
PAKAIAN ADAT : Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution beserta sejumlah pejabat Pemko Medan mengenakan pakaian adat saat mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari Ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan, Selasa (1/6). 
Medan (SIB)
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengenakan pakaian adat Batak Toba saat mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari Ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan, Selasa (1/6). Sedangkan peserta upacara lain seperti Sekda Kota Medan Wiriya Al-rahman, para asisten dan pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan juga mengenakan pakaian adat lain di Sumut.

Diketahui, penggunaan pakaian adat sejumlah suku di Sumut itu dilakukan demi mengungkapkan pentingnya arti kebihenakaan yang terkandung dalam Pancasila. Hal itu sekaligus menunjukkan Pemko menjunjung tinggi keberagaman sebagai satu kesatuan di Kota Medan.

Dalam amanatnya pada upacara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang mengenakan baju adat dari Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan antara lain, berharap Peringatan Hari Kelahiran Pancasila kali ini dimanfaatkan seluruh pihak untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dikatakannya, tantangan yang dihadapi Pancasila lebih berat, yaitu meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk antar pandangan. "Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi," ucap Presiden.

Presiden juga mengatakan, saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi landscap kontestasi ideologi. Tidak hanya itu, revolusi industri pun hingga kini semakin meningkat.

Sebab itu, Jokowi meminta agar seluruh pihak untuk melakukan perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila. Saat ini perlu cara-cara baru yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0.

"Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0 dan sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan," jelasnya. (Rel/A16/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com