Wapres Buka Peparnas XVI Papua, Buktikan Semangat Kesetaraan Warga


204 view
Wapres Buka Peparnas XVI Papua, Buktikan Semangat Kesetaraan Warga
Foto ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
MERIAHKAN : Kembang api memeriahkan pembukaan Peparnas XVI Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Jumat (5/11).
Jakarta (SIB)
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua bukan sekadar kompetisi melainkan pembuktian untuk semangat kesetaraan antarwarga bangsa Indonesia.

"Peparnas bukan sekadar kompetisi olahraga, tetapi lebih dari itu. Ini adalah pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan bagi kita semua," kata Wapres saat membuka Peparnas di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat (5/11).

Wapres juga mengatakan, Peparnas XVI adalah ajang yang sangat istimewa karena dapat mendobrak batas diri para atlet dan keluar sebagai pemenang.

"Mari kita rayakan kesetaraan ini dalam semangat persaudaraan sesama anak bangsa, sesuai dengan semboyan “Sehati Mencapai Tujuan, Ciptakan Prestasi’," tegas Wapres.

Penyelenggaraan Peparnas XVI juga merupakan komitmen Pemerintah untuk mewujudkan kesetaraan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya bagi kelompok disabilitas.

"Dan ini merupakan pembuktian komitmen Pemerintah untuk memberikan perlakuan yang setara bagi setiap warga negara," katanya.

Wapres juga mengapresiasi jajaran Pemerintah Provinsi Papua yang telah bekerja keras menyelenggarakan Peparnas XVI dengan berbagai tantangan untuk menyediakan sarana dan prasarana pendukung sesuai standar pertandingan paralimpik.

"Meskipun banyak tantangan, namun dengan kerja keras serta dukungan seluruh masyarakat Papua yang saya cintai, masyarakat Papua yang sa sayang, telah berhasil menyiapkan venue tempat pertandingan dan sarana pendukung sesuai dengan standar pertandingan Pekan Paralimpik Nasional," ujar Wapres.

Wapres Ma’ruf didampingi Wury Estu Handayani tiba di Stadion Mandala pukul 17.00 WIB atau 19.00 WIT, dengan mengenakan jaket olahraga bernuansa biru dan mengenakan hiasan kepala khas Papua.

Selain pembukaan Peparnas XVI, Wapres juga meninjau Situs Tugu MacArthur, yang berada di dalam markas TNI Resimen Induk Kodam (Rindam) XVII Cenderawasih Papua, pada Sabtu (6/11).

minta maaf
Presiden Joko Widodo meminta maaf karena tak hadir secara langsung dalam upacara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat, dan berjanji akan hadir saat penutupan pada 13 November.

"Tadinya saya akan ke Papua untuk membuka Peparnas XVI bertemu dengan atlet-atlet yang luar biasa dan tentunya Pace, Mace, kakak-kakak dan saudara semuanya," kata Jokowi dalam tayangan video yang diputar saat upacara pembukaan Peparnas Papua.

"Namun mohon maaf, saya tidak dapat hadir karena saya harus menjalani karantina setelah kembali dari luar negeri," dia menambahkan.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menyampaikan bahwa sebenarnya bisa saja membuka Peparnas Papua secara virtual. Namun presiden lebih memilih untuk hadir nanti dalam penutupan Peparnas Papua pada 13 November 2021.

"Sebenarnya tanggal 5 November 2021 pagi saya sudah tiba di Tanah Air dan bisa membuka Peparnas secara virtual dari Jakarta. Tapi saya lebih memilih hadir di penutupan nantinya di Jayapura, karena Papua selalu ada di hati saya," ujar Jokowi.

Presiden juga menyampaikan terima kasih kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang hadir langsung di Bumi Cenderawasih untuk membuka Peparnas Papua.

"Saya yakin Peparnas di papua akan sukses penuh dengan prestasi dan meriah, torang bisa," pungkas Jokowi. (Antaranews/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com