Wapres Minta Menag dan Mendagri Selesaikan Polemik Penolakan Gereja di Cilegon

Instagram Wali Kota Cilegon Diserang Netizen

448 view
Wapres Minta Menag dan Mendagri Selesaikan Polemik Penolakan Gereja di Cilegon
Foto : Istimewa
Ma’ruf Amin.

"Phobia sama gereja yah pak walkot," tulis sebuah akun pada postingan Helldy.

Kolom komentar IG Helldy itu pun dibanjiri 1.707 hingga pukul 13.35 WIB. Seorang netizen lainnya menilai sikap Helldy tak sesuai Pancasila.

"@helldy.agustian dan @kangsanuji punten bapak yang saya cintai dan saya pilih karena program" kerjanya, tolong pak klarifikasi dengan sedetail"nya kenapa tidak diberikan izin untuk mendirikan gereja? Padahal di Pancasila ada loh "PERSATUAN INDONESIA & "KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB" apa karena janji dengan leluhur serang?," tulis pengguna Instagram lainnya.

Sebelumnya, video disertai narasi Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Wakil Wali Kota Sanuji Pentamarta ikut menandatangani penolakan pendirian gereja viral. Helldy pun menjelaskan duduk perkara terkait video viral itu.

Peristiwa dalam video viral itu disebut terjadi pada Rabu (7/9). Massa yang mengatasnamakan Komite Penyelamat Kearifan Lokal Kota Cilegon awalnya menggelar demonstrasi di Gedung DPRD Cilegon.

Mereka menyatakan penolakan rencana pendirian Gereja Maranatha di Cikuasa, Gerem, Kota Cilegon. Massa sempat membacakan pernyataan sikap yang dihadiri oleh Ketua serta Wakil Ketua DPRD Cilegon.

Setelah itu, massa membentangkan kain putih untuk membubuhkan tanda tangan penolakan. Massa aksi kemudian mendatangi kantor Wali Kota Cilegon.

Massa diterima oleh wali kota dan wakil wali kota di ruang rapat. Saat itu, massa disebut mendesak wali kota dan wakil wali kota untuk ikut menandatangani kain putih sebagai bentuk penolakan rencana pembangunan gereja.

"Terkait dengan penandatangan bersama yang dilakukan pada hari Rabu tanggal 7 September tahun 2022, perlu disampaikan bahwa hal tersebut adalah memenuhi keinginan masyarakat Kota Cilegon yang terdiri dari para ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan organisasi masyarakat," kata Helldy melalui keterangan tertulis, Kamis (8/9). (detikcom/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com