Wapres Tegaskan Pancasila Relevan Hadapi Tantangan Zaman


191 view
Wapres Tegaskan Pancasila Relevan Hadapi Tantangan Zaman
Foto: BPIP
Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin menegaskan Pancasila sangat relevan dalam menghadapi tantangan zaman. 

Jakarta (SIB)

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin menegaskan Pancasila sangat relevan dalam menghadapi tantangan zaman.


Hal ini ia sampaikan pada acara Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Aparatur Pemerintah Provinsi Banten, Senin (14/11).


"Dalam perjalanan sejarahnya Pancasila sebagai dasar negara selalu dihadapkan dengan tantangan tidak ringan, akan tetapi Pancasila selalu berdiri kokoh." ujar Ma'ruf Amin dalam keterangan tertulis, Senin (14/11/2022).


Menurut Ma'ruf Amin, terlepas dari lika-liku tantangan berbagai zaman, Pancasila tetap menjadi panduan untuk hidup dan masih relevan untuk menjawab segala tantangan dalam seluruh sektor pembangunan dari pusat sampai berbagai daerah.


"Pancasila itu bersifat terbuka, tidak kaku yang selalu mengedepankan nilai-nilai luhur," jelas Ma'ruf Amin.


Ia kembali menegaskan Pancasila adalah kesepakatan yang mulia dan lahir sebagai Ideologi Negara.


Tujuan adanya Pancasila adalah untuk menyatukan tekad semua orang dan golongan.


"Kalau bahasa agamanya, Pancasila itu 'Kalimatun Sawa' yang artinya titik temu mengedepankan persamaan dan mempersatukan perbedaan", terangnya.


Lebih lanjut, Ma'ruf Amin menyebut, Pancasila dengan agama tidak saling bertentangan dan tidak saling menjatuhkan. Keduanya justru saling menguatkan.


"Seorang muslim yang baik, ia adalah muslim yang Pancasilais dan seorang Pancasilais dia adalah muslim yang baik", kata Ma'ruf Amin.


Ma'ruf Amin menekankan kepada Kepala Daerah Kabupaten Kota dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten untuk selalu mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kebijakan.


Ia juga meminta nilai-nilai Pancasila juga dibawa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


"Para ASN tidak hanya dituntut untuk mengerjakan teknisi, manajerial dan struktural, tetapi harus memiliki jiwa dan karakter Pancasila", tekannya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com