Warga 19 Negara Boleh Masuk Indonesia Wajib Karantina


125 view
Warga 19 Negara Boleh Masuk Indonesia Wajib Karantina
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
19 Negara yang Boleh Masuk Indonesia, Mana Saja? -- ilustrasi
Jakarta (SIB)
Sejumlah negara sudah boleh masuk Indonesia. Warga negara dari negara-negara yang termasuk dalam daftar dapat masuk sebagai wisatawan ke Indonesia di masa pandemi Covid-19.

Lantas negara mana saja yang kini diperbolehkan?

Daftar Warga Negara Boleh Masuk Indonesia

Daftar warga negara boleh masuk ke Indonesia diatur dalam Keputusan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 15 tahun 2021 tentang 19 negara asing warga negaranya diizinkan datang ke Indonesia. Adapun daftar negaranya yaitu : Bahrain, China, Hungaria, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Kuwait, Liechtenstein, Norwegia, Perancis, Persatuan Arab Emirat, Polandia, Portugal, Qatar, Saudi Arabia, Selandia Baru, Spanyol, Swedia.

Masih merujuk keputusan yang sama, warga negara asing dari 19 negara di atas diperbolehkan datang dan masuk Indonesia sebagai wisatawan hanya ke Pulau Jawa dan Kepulauan Riau dengan:

Penerbangan langsung dari negaranya, kapal pesiar (cruise), kapal layar (yacht).

Karantina
Masih merujuk aturan yang sama, wisatawan asing diminta untuk melakukan karantina selama 5x24 jam di masing-masing tempat penginapan. Penyedia tempat wisata diminta untuk membentuk Satgas untuk mengawasi dan mengendalikan penularan Covid-19 dari mulai persiapan, pelaksanaan, hingga wisatawan asing kembali ke negaranya lagi.

Satgas penyedia tempat wisata juga diminta untuk mengawasi dan memastikan para wisatawan asing tidak keluar dari kamar atau villa selama karantina. (detikcom/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com