Kidung Pujian dengan Melodi Lagu Tradisional


197 view
 Kidung Pujian dengan Melodi Lagu Tradisional
(Foto: Dok/LSMPakarSU)
Religi - Etnik: Linceria Nainggolan bersama fungsionaris PBB PBB: Martin Siregar, Roy Napitupulu, Rivaldo Hasibuan, Untung Siregar, David Hutagaol dan Budi Simatupang serta Wedy Sinaga di Kompleks Gereja HKBP Moria Medan Baru usai ibadah Jumat Agung. 
Medan (SIB)
Linceria Nainggolan mengapresiasi kreativitas seni religi yang mengadaptasi melodi lagu tradisi untuk kidung pujian. “Secara tak langsung ikut melestarikan warisan leluhur nonbenda berbasis kearifan lokal,” ujarnya seusai silaturahim dengan pengurus Pemuda Batak Bersatu (PBB) Ranting Babura Sunggal di Kompleks Gereja HKBP Moria Medan Baru, Jumat awal April.

Perempuan aktivis yang Ketua DPW LSM Pakar Sumut itu mengatakan, cara demikian pun makin mengeratkan generasi muda pada religi, sesuai keyakinannya. “Generasi muda Kristen idealnya dibawa dekat ke altar untuk memiliki iman terpuji,” tegasnya.

Kekaguman pun dialamatkannya pada PBB yang terlibat langsung pada kegiatan religi. “Seperti pada pekan Paskah, di tiap gereja, ada anggota PBB. Selain berbaur dengan jemaat, pun ikut kebaktian,” tambah Linceria Nainggolan.

Ia menyarankan kiranya pengadaptasian melodi lagu tradisi pun mengentengahkan alat musik tradisional, yang sudah banyak tidak dikenal generasi milenial. “Dalam religi dikenal dengan inkulturatif,” ujarnya didampingi fungsionaris PBB seperti Martin Siregar, Roy Napitupulu, Rivaldo Hasibuan, Untung Siregar, David Hutagaol dan Budi Simatupang serta Wedy Sinaga. (R10/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com