Artis Tiongkok Diwajibkan Bayar Rp 184,3 Miliar karena ‘Informasi Palsu’


181 view
Foto: Instagram @vicki_zhaowei
Baru-baru ini, artis Vicki Zhao menjadi perbincangan karena ia terlilit utang.
Shanghai (SIB)
Vicki Zhao diwajibkan membayar 84 juta yuan atau sekitar Rp 184,3 miliar yang diketegorikan sebagai utang. Jumlah tersebut muncul artis berusia 43 tahun itu dituduh menyebarkan ‘informasi palsu’ pasca terjun ke bisnis.

Media 8 Days Singapura, Jumat (16/10), melaporkan, artis yang populer di Indonesia setelah berakting dalam Putri Huan Zhu (1999) itu saat Zhao dan suaminya, Youlong, membeli 50 persen saham perusahaan terdaftar, Zhejiang Wanjia, di 2016 melalui perusahaan mereka Tibet Longwei. Namun publikasi itu diketahui ‘menyesatkan pasar dengan informasi palsu’. Keduanya disebut mengandalkan status selebriti Zhao saat mengumumkan tawaran pengambilalihan. Padahal keduanya tak memiliki dukungan finansial yang memadai untuk tawaran mereka.

Pada 2018, lapor CNBCIndonesia.Com, China Securities Regulatory Commission (Komisi Pengatur Sekutitas China) melarang Zhao dan suaminya dari pasar sekuritas selama lima tahun. Tahun 2019, suami istri itu digagat pemegang saham karena ‘informasi palsu’ dan yang bersangkutan banding namun pengadilan menolak serta menguatkan putusan wajib membayar. (T/R10/a)
Penulis
: Redaksi