BAFTA 2021, Sineas Asia Sutradara Terbaik di Festival Film Inggis


127 view
NBC via AP
Dalam cuplikan video yang dikeluarkan Minggu (28/2/2021), Chloe Zhao menerima penghargaan sebagai sutradara terbaik untuk film Nomadland di Golden Globe Awards.
London (SIB)
BAFTA 2021 memosisikan sineas Asia terbaik di festival film global yang digelar di Royal Albert Hall London, Inggris, Senin (12/4). Sineas dari benua dengan penduduk terbanyak di bumi tersebut adalah Chloé Zhao, yang meraih gelar Sutradara Terbaik lewat ‘Nomadland’ yang berhasil mendapatkan piala terbanyak. Selain itu, Zhao mengungguli sutradara kenamaan seperti Thomas Vinterberg, Shannon Murphy, Jasmila Žbanic, Sarah Gavron dan Lee Isaac Chung.

Nama terakhir disebut adalah pembuat ‘Minari’ yang mengantar artisnya meraih predikat Aktris Pendukung Terbaik. Prestasi tersebut menggenapi keberhasilan film Korea Selatan yang sukses di Golden Globe 2021.

‘Nomadland’ meraih gelar Film Terbaik mengalahkan ‘The Father’, ‘The Mauritanian’, ‘Promising Young Woman’ dan ‘The Trial of the Chicago 7’ yang sebelumnya diunggulkan meraih penghargaan.

Chloé Zhao pun menjadi wanita kedua memenangkan trofi sutradara terbaik sepanjang sejarah BAFTA. Dua penghargaan yang diraih film tersebut adalah Aktris Terbaik yang diraih Frances McDormand. Satu lagi meraih predikat Sinematografi Terbaik mengalahkan ‘Judas and the Black Messiah’, ‘Mank’, ‘The Mauritanian’ dan ‘News of the World’.

BAFTA 2021 dipandu Dermot O'Leary dan Edith Bowman dihadiri sejumlah tamu, yang terlebih dahulu mengikuti aturan protokol kesehatan. Di lain hal, sejumlah pemenang, tidak diundang datang tapi dihubungi melalui streaming untuk menyampaikan pidato, jika menang.

Pemenang BAFTA 2021:
Best Film ‘Nomadland’
Outstanding British Film ‘Promising Young Woman’
Sutradara Chloé Zhao - ‘Nomadland’
Screenplay Asli - ‘Promising Young Woman’
Screenplay Adaptasi - ‘The Father’
Aktris Terbaik - Frances McDormand - ‘Nomadland’
Aktor Terbaik - Anthony Hopkins - ‘The Father’
Aktris Pembantu Terbaik - Yuh-Jung Youn - ‘Minari’
Aktor Pembantu Terbaik - Daniel Kaluuya - ‘Judas and the Black Messiah’
Film Berbahasa Asing Terbaik - ‘Remi Weekes’ (‘His House’) (T/R10/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com