Film Jesus Dialihkan ke Bahasa Nusantara Termasuk Toba dan Karo


331 view
Film Jesus Dialihkan ke Bahasa Nusantara Termasuk Toba dan Karo
Istimewa
Ilustrasi
Jakarta (SIB)
‘Jesus,’ film tentang Sang Penebus Dosa Dunia diterjemahkan ke lebih 1875 bahasa dunia. Alih bahasa tersebut pun mencakup ke Nusantara. Film yang dibuat 1992 tersebut pun disulih ke Bahasa Batak Toba dan Karo.

Dalam sejarah sinema dunia, film mengenai Jesus sudah dimulai 1927 dengan perilisan ‘King of Kings’ yang kemudian disempurnakan dengan membuat film serupa di 1961.

Film yang pertama kali dibesut dalm format hitam putih disutradarai Cecil B DeMille.

Di film ini profil Yesus Kristus diceritakan dari sudut pandang seorang anak laki-laki yang ditolongnya dari kebutaan. Wajah Yesus atau Isa Almasih tidak ditampilkan sama sekali.

Film tersebut adalah penyempurnaan dari film dengan judul sama yang rilis tahun 1927. King of Kings adalah film dengan suara yang pertama kali yang menampilkan wajah Yesus.

Di versi penyempurnaan ditampilkan wajah Jesus secara utuh dan mendekati aslinya, sesuai studi. Film mengenai Raja Orang Yahudi tersebut terakhir kali dibuat 2019 dengan judul ‘The Passion of the Christ: Ressurection’ dan tercatat dalam box office.

Dalam sinema global, sedikitnya ada 20 versi film dengan Jesus. ‘The Passion of The Christ’ disutradarai Mel Gibson pada 2004. Beda dengan terdahulu, di film dengan pemeran Jim Caviezel sebagai Jesus melukiskan kematian-Nya hingga 40 hari kebangkitan-Nya.

Ada pula film yang tidak mengetengahkan Jesus, tapi orang-orang yang terinspirasi. Seperti ‘Ben Hur’ yang diproduksi 1959. Di sini Jesushanya sekilas kelihatan namun Ben Hur (diperankan Charlton Heston) mendapat keyakinan untuk bertindak benar dari Kristus yang bijak. Sosok Yesus di film ini hanya ditampilkan tangannya saja.

Mengenai alih bahasa, menjelang Paskah film tersebut disaksikan di https://www.jesusfilm.org/watch/jesus.html/batak-karo.html untuk Bahasa Batak Karo dan https://www.jesusfilm.org/watch/jesus.html/batak-toba.html untuk Bahasa Batak Toba.

Tentan ‘Jesus’ yang dialihbahasakan tersebut dibuka dengan narasi yang mengutip Yahya 3: 16 - 17. Berdurasi 2 jam 1 menit, 16 detik, film bercerita dari manusia pertama tapi titik sorot pada perjalanan kehidupan Jesus. (T/R10/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com