Ilustrator Indonesia Buat Trailer Star Wars VIII dengan Komputer Klasik Apple


538 view
New York (SIB) -Wahyu Ichwandardi, ilustrator Indonesia yang tinggal di New York, membuat ulang trailer film Star Wars: The Last Jedi dengan komputer Apple tahun 1984. Trailer ini menirukan seluruh urutan adegan dan suara, tetapi secara visual dibuat dalam versi stop-motion berwarna monokrom hijau-hitam.

Lewat kicauan di akun Twitter @pinotski, pria yang disapa Pinot itu menceritakan proses pembuatan trailer ini. Dia menyebutnya sebagai "proyek iseng" dan mengerjakannya selama bulan Ramadan tahun ini. Dia mengaku keinginan membuat trailer Star Wars dengan teknologi 1984 sudah ada sejak komputer Apple IIc muncul. Film pertama Star Wars dirilis pada Mei 1977.

"Cita-cita waktu masih kecil di tahun 80an: bikin trailer Star Wars pakai komputer Apple bermonitor monochrome, baru kesampaian sekarang," kata Pinot dalam kicauan yang menyematkan video trailer versinya.

Video dua menit ini digabung dari total 288 gambar. Setiap gambar diolah dengan tablet KoalaPad+ dan program Dazzle Draw di komputer Apple seri IIC. Sebagai panduan gambar, Pinot membuat sketsa terlebih dulu di lembaran plastik bening yang kemudian diletakkan di depan monitor.

Untuk tahap akhir, 288 berkas gambar berukuran total 6 megabytes dipindahkan ke komputer MacBook Pro lewat 48 disket dan perangkat khusus pembaca disket. Setiap disket hanya dapat memuat berkas hingga 140 kilobytes.

Trailer versi Pinot telah mendapat perhatian dari Mark Hamill, pemeran Luke Skywalker, dan sutradara The Last Jedi, Ryan Johnson. Sebelumnya animator bernama John Stratman juga membuat ulang trailer ini dalam versi grafik dan suara gim video 16-bit. "Ini benar-benar mengesankan. Juga, sebagai pengguna (Apple versi) IIe, pendar cahaya hijau dari IIc selalu tampak eksotis dan memikat," kicau Ryan menanggapi trailer Pinot seperti diberitakan MetroTvNews.Com, Kamis (29/6). (T/R10/h)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com