Kekurangan Penonton, Jaringan Bioskop Terbesar di AS Terancam Kehabisan Uang


122 view
AFP/Mario Tama
Jaringan bioskop terbesar di Amerika Serikat, AMC, terancam kehabisan uang tunai pada akhir tahun ini atau awal 2021 bila penonton tak datang. Jaringan bioskop terbesar di Amerika Serikat, AMC, terancam kehabisan uang tunai pada akhir tahun ini atau awal 2021 bila penonton tak datang.
Los Angeles (SIB)
AMC, jaringan bioskop terbesar di AS, terancam kehabisan uang karena kekurangan penonton. Bila jumlah penonton stagnan, baik karena daya keinginan maupun disebabkan protokol kesehatan Covid-19, maka di aktor 2020 atau awal 2021, situasi terburuk terjadi.
Dalam laporan AMC Theatres, Rabu (14/10), 494 dari 598 atau 82 persen bioskop milik AMC di Amerika Serikat mengalami penurunan penonton nyaris 85 persen. Di lain hal, bioskop besar yang mendatangkan penonton maksimal seperti di Los Angeles dan New York City masih ditutup karena wabah virus corona.

Di wilayah yang sudah beroperasi, penonton kurang karena tak ada film box office yang diputar seperti ‘No Time to Die’ dan ‘Soul’ yang menunda perilisan atau pindah ke layanan streaming.

Film kaliber lainnya seperti ‘Wonder Woman 1984’ dan ‘Black Widow’ ditunda. Bersamaan dengan itu, jaringan bioskop independen juga berhemat demi mengurangi biaya operasional.

"Mengingat deretan film yang berkurang untuk kuartal keempat, dengan tidak adanya peningkatan kehadiran yang signifikan dari level saat ini atau sumber tambahan likuiditas, pada tingkat pemakaian uang tunai yang ada, AMC mengantisipasi bahwa sumber daya kas yang ada akan habis sebagian besar pada akhir 2020 atau awal 2021," tulis AMC dalamnya seperti disiarkan CNNInDonesia.Com. "Selanjutnya, untuk memenuhi kewajibannya pada saat jatuh tempo, AMC akan memerlukan sumber likuiditas tambahan atau peningkatan skala kehadiran!"

Laporan itu datang beberapa hari setelah lembaga S&P Global memrediksi bahwa jaringan bioskop dunia akan kehabisan dana cair dalam enam bulan mendatang.

AMC Theatre sudah berhemat pengeluaran seperti mengurangi jam operasional. (T/R10/d)