Komedian Minta Maaf Lawakannya Sulut Anti-Asia di AS


216 view
ANTARA FOTO/REUTERS/Michael Fi
Tokoh pertelevisian Amerika Serikat Jay Leno mengendarai motor Bohmerland 1930 saat ajang Concours d'Elegance di Pebble Beach Golf Links di Pebble Beach, California, Amerika Serikat, Minggu (17/8). Concours d'Elegance merupakan perayaan budaya otomotif yang berlangsung selama seminggu.
Los Angeles (SIB)
Jay Leno minta maaf atas lelucon rasisnya mengenai orang-orang Asia. Komedian yang pernah memiliki acara di NBC, ‘Tonight Show’, beberapa kali mengobyekkan orang Amerika keturunan Asia sebagai sasaran ejekan, penghinaan dan pelecehan yang menyulut meningkatnya tindakan rasial dan kejahatan terhadap orang Asia, Asia Amerika dan imigran keturunan Asia lainnya.

“Saya minta maaf. Kesalahan berada di pihak saya,” ujar Leno seperti diberitakan CNNINdonesia.Com, Jumat (26/3). “Saya akan sangat terluka dan malu jika kata-kata saya dapat memicu kekerasan ini!”

Sebelumnya, organisasi Asia Amerika mengritik ucapan Jay Leno yang membuat lelucon yang menghina orang-orang Asia dan stereotipe-nya.

Guy Aoki, ketua organisasi keturuan Asia mengatakan, lelucon Leno menjadikan orang Amerika keturunan Asia sebagai sasaran obyek SARA. Organisasi itu minta NBC memutus hubungan dengan komedian tersebut.

Aoki mengadakan pertemuan dengan Leno, membicarakan ragam hal terkait meningkatkan rasis pada warga keturunan Asia.

Leno menyesali. Menurutnya, ketika membuat lelucon, menganggapnya tidak berbahaya. Yang paling menohok, pada 2019 Leno, mendapatkan kritikan karena bercanda bahwa orang Korea memakan daging anjing, saat tampil sebagai juri tamu di America’s Got Talent.

Menurutnya, adanya kritikan tentang leluconnya dulu dianggap biasa. (T/R10/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com