Lolos dari Virus Corona, Bams Samsons Divonis Idap Kanker Langka


169 view
Foto Istimewa
Bams 
Jakarta (SIB)
Bams divonis mengidap kanker jenis langka. Penyakit tersebut dirasakannya pada 2020. Mulanya ia mewaspadai pandemi dan dinyatakan lolos dari paparan virus corona. Saat bersamaan, bisnisnya pun tak positif dampak dari wabah virus tersebut.

Di kanal YouTube Daniel Mananta Network, Senin (22/2), mantan vokalis grup Samsons itu bercerita, perubahan kulit dan bobotnya. Dari semua kelebihan berat badan hingga menjadi atletis. “Caranya, terus olahraga,” paparnya.

Berat badan memang menjadi persoalan bagi Bams. Kala di SMA, bobot tubuhnya 110 kg. Karena ingin masuk tim basket, ia diet ketat. Selama liburan sekolah 1,5 bulan, ia berhasil memangkas bobotnya menjadi 76 kg. "Olahraga gila gue. Gue sebenarnya diuntungkan kenapa bisa secepat itu, karena problem gue cuma makan. Gue gendut tapi gue masih olahraga, basket, taekwondo, semua olahraga," ujar Bams.

Namun, Bams kembali kegemukan di tahun 2014 saat kakinya cedera. Penyebabnya pun karena olahraga yang terlalu berlebihan. Selama dua bulan setelah operasi, kebiasaan olahraga Bams hilang hingga berat badannya tidak bisa dikontrol.

Ia giat olahraga lagi hingga bobotnya kembali stabil. Dari sekitar 100kg menjadi 71kg. Tapi, keseringan berolahraga berdampak pada kulit. Pada 2020, Bams didiagnosis kanker yang menyerang kulit dan ototnya. Jenis kanker langka itu diderita 1 dari 1 juta orang di dunia.

Menurutnya, dalam sejarah dunia, terdapat 8.000 orang yang terkena kanker seperti yang diidapnya. (T/R10/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com