Kamis, 13 Juni 2024 WIB

Lomba Instrumen Musik, Song Leader dan Maragenda dalam Bahasa Batak

Redaksi - Selasa, 28 Maret 2023 20:04 WIB
223 view
Lomba Instrumen Musik, Song Leader dan Maragenda dalam Bahasa Batak
Ketua Umum Panitia Pelaksana, Ir Ronald Naibaho Msi 
Medan (SIB)
Mengisi rangkaian Tahun Profesionalisme Dalam Penatalayanan 2023 Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Se-Distrik X Medan - Aceh, Minggu (26/3) digelar Lomba Instrumen Musik dan Song Leader yang diikuti 51 dari 70 gereja sekawasan.
Ketua Umum Panitia Pelaksana Ir Ronald Naibaho Msi di Medan, Senin (27/3), mengatakan hal tersebut.
“Lomba tersebut satu dari 17 aktivitas sebagaimana yang diarahkan dan disupervisi Praeses HKBP Pdt Henri Napitupulu MTh bersama penasehat di antaranya Dr RE Nainggolan, Sanggam SH Bakara, St Dr Ir Janter Napitupulu, Raja P Sirait,” tambahnya.
Mantan anggota legislatif itu mengatakan, rangkaian lomba terkait kerohanian itu dilakukan maraton. Setelah Lomba Instrumen Musik dan Song Leader pada dilanjutkan Lomba Koor Ama (Minggu, 16 April), Lomba Maragenda Bahasa Batak (Minggu, 14 Mei) dan Lomba Marjamita (Minggu, 4 Juni). “Yang dinyatakan sebagai peserta setelah mengirim hasil rekaman live dari altar dan mimbar gereja ke panitia dalam bentuk flashdisk tiga hari setelah direkan. Seluruhnya dinilai Departemen Marturia HKBP,” jelasnya.
Alasan kepersertaan dengan menggunakan teknologi digital, lanjut mantan Ketua GAMKI Sumut tersebut, sebab selama pandemi Covid-19, SDM di lingkungan HKBP telah handal.
“Lomba diyakini menjadi bagian dari pengembangan penatalayanan pelayan dan jemaat, organisasi administrasi dan IT serta keuangan/aset. Langkah tersebut pun untuk peningkatan profesionalisme pelayan full timer dan sentralisasi keuangan HKBP,” jelasnya.
Ragam kegiatan bertema Kerjakanlah Keselamatanmu dengan Takut dan Gentar (Filipi 2: 12) subtema Mewujudkan Penatalayanan yang Profesional di Tengah-tengah Gereja dan Masyarakat Demi Pelayanan Jemaat dan Penatalayanan Keuangan untuk Menjadi Gereja yang Mandiri, Berkeadilan, Bersuka Cita dan Meneladani Kristus itu berhadiah total tiga puluh lima juta rupiah.
Sebelum kompetisi, diadakan pembekalan yang diikuti 740-an orang Sintua HKBP tentang pemberdayaan poda tohonan dan etos kerja lewat sebuah seminar di aula Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan pada Sabtu (25/2).
Didampingi Ketua Bidang Pemberdayaan / Pelatihan Pdt Pantas Parapat, Ketua Bidang Humas St Walden Butarbutar, Ketua Bidang Dana dan Dokumentasi St Drs Binsar Tampubolon dan Pdt Wahyu Nolim L Siregar STh, Sekum St Dr Osman Manalu MM, Wasekum Ampera Simbolon, Mutiara Nababan dan Mutiara Nababan. Bendahara Umum Ir Tolopan Silitonga, Ronald Naibaho mengatakan pihaknya berharap dukungan semua pihak dalam pelaksanaan rangkaian selanjutnya.
“Lomba bukan semata mencari pemenang, tapi seperti arahan Praeses Pdt Henri Napitupulu, kegiatan untuk meningkatkan kualitas keimanan yang otomatis mengangkat kualitas kehidupan sekuler serta talenta jemaat bertumbuh,” tegasnya.
Mengenai jumlah peserta, ia berharap ke depan semakin maksimal. “Melalui lomba, HKBP DIstrik X Medan - Aceh pun mengupayakan pelestarian warisan leluhur Bangso Batak,” tutupnya. (Instagram/Facebook/R10/a)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
R N B Trio dan Hardoni Sitohang Komit Genre Religi dan Etnik
Menteri Sosial Tri Rismaharini Berterimakasih ke HKBP
HKBP Kuatkan Legalitas Keberadaan Perempuan Partohonan
Pokja HKBP Distrik IX Sibolga/Tapteng/Nias Dilantik
Bupati Taput Bersikap Tegas dan Rewel Terkait Pelaksanaan Sinode Godang HKBP
Hari Ini Pembukaan Sinode Godang HKBP
komentar
beritaTerbaru