Patuhi Prokes Covid-19, MABMI Batasi Pergelaran Seni Budaya


187 view
Foto: Dok/PBMABMI
MABMI: TYT Dato Seri H Syamsul Arifin  di pusat niaga pernak-pernik Imlek di depan Sekretariat PB MABMI Jalan Bgirjen Katamso Medan. Pria yang menjabat Ketum PB MABMI tersebut bersilaturahim dengan etnis Tionghoa yang akan merayakan Imlek 2021.
Medan (SIB)
Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) TYT Dato Seri H Syamsul Arifin memastikan, selama pandemi membatasi pergelaran seni budaya. Walau di acara privat budaya diadakan namun harus mematuhi protokol kesehatan (prokes). “MABMI menghargai seluruh budaya serumpun dan yang ada di Nusantara. Jelang Imlek, misalnya, juga ditampilkan seni budaya tapi idealnya mematuhi prokes dengan furasi yang disesuaikan,” ujarnya di Medan, Jumat (5/2)

Pria bergelar Datuk Lelawangsa Sri Hidayatullah itu memastikan, tiap puak ada budaya leluhurnya. Tiap suku wajib melestarikan warisan leluhurnya dalam kehidupan, khususnya di hari-hari tertentu. “Tetapi, mengingat situasi pandemi, maka seluruhnya diadakan dengan terbatas,” harapnya.

Terkait Tahun Baru Imlek 2572 Konzili, ia mengucapkan selamat pada pihak yang merayakannya. Menurutnya, budaya perayaan Imlek yang meriah dengan ragam acara adalah satu kelaziman. “Tetapi saudara saya yang merayakan pasti memahami situasi pandemi di mana diimbau mematuhi prokes,” ujarnya.

Menurutnya, merayakan dengan sederhana bukan mengurangi maknanya. “Tetapi, tidak harus menghilangkan kegiatan karena sesungguhnya Indonesia ini bhineka yang indah,” tegasnya.

Harapannya, dalam doa-doa semua mahkluk agar bermohon pada-Nya kiranya pandemi Covid-19 segera berlalu. “Segala upaya pemerintah menangani persoalan tersebut, harus didukung hingga wabah tertangani semaksimalnya,” pintanya. (R10/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com