Protes Sampah Plastik Via Film


292 view
Protes Sampah Plastik Via Film
(dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi sampah 
Jakarta (SIB)
Rumah produksi Visinema Pictures besut dokumenter pertama bertemakan lingkungan. Teaser trailer film dokumenter 'Pulau Plastik: Perjalanan dan Catatan untuk Masa Depan' resmi dirilis pada Sabtu (3/4).

Film digagas sutradara Dhandy Laksono dan Rahung Nasution. CEO Visinema Angga Dwimas Sasongko sebagai produser eksekutif.

Lautan Indonesia menjadi tempat yang disorot sebagai bentuk protes sampah plastik. Terlihat banyak sampah yang mengambang dan tenggelam hingga mengganggu kehidupan hewan laut, satu di antaranya penyu.

"Kurang dari lima menit, saya sudah menemukan sedotan plastik sedemikian banyak," Kata musisi sekaligus aktivis lingkungan Gede Robi dalam trailer.

Dalam sebuah penampilan musik bersama band Navicula yang ia huni, Robi mengingatkan bahwa Indonesia menyandang predikat negara kedua terbesar di dunia penyumbang sampah plastik ke lautan.

Trailer memperlihatkan sejumlah sampah plastik dari 40 tahun lalu yang belum terurai. Sampah tersebut ditemukan saat kegiatan pembersihan pantai dan laut dilakukan.

Bahkan, sampah plastik yang berada di laut sangat berdampak pada ikan yang hidup di dalamnya. Hal tersebut terbukti dari penemuan mikroplastik, komponen plastik yang berukuran kurang dari lima milimeter, dalam tubuh ikan bandeng.

"Jika dibiarkan, dalam 10-20 tahun ke depan tumpukan sampah plastik sekali pakai akan mendominasi bumi, yang juga merupakan rumah bagi anak cucu kita semua," keterangan film dokumenter Pulau Plastik, seperti dipublokasi CNNIndonesia.com, Senin (5/4).

Film disutradarai Dandhy Laksono dan Rahung Nasution.

'Pulau Plastik: Perjalanan dan Catatan untuk Masa Depan' juga merupakan proyek kolektif Visinema Pictures, Kopernik, Akarumput, dan Watchdoc, yang sama-sama memiliki visi pelestarian lingkungan. (T/R10/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com