Seribu Tokoh Ditargetkan Ikut #1KaroBernyanyi


436 view
Seribu Tokoh Ditargetkan Ikut #1KaroBernyanyi
Foto Dok
#1KaroBernyanyi
Pontianak (SIB)
Sejumlah pekerja seni berdarah Karo menggagas pesta seni virtual, yang menargetkan seribu warga khususnya tokoh dari seluruh dunia. Menajuki #1KaroBernyanyi, kegiatan menggabungkan seluruh suara yang terlibat dalam tayangan belasan menit yang diunggah di jejaring sosial.

Project Director Julbinten Kembaren dalam unggahannya, Senin (8/3) menjelaskan, proyek seni tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta pada Tanah Air, khususnya Karo Simalem. “Lagu yang dinyanyikan menggambahkan keindahan Indonesia yang di dalamnya keunggulan keistimewaan Karo,” jelasnya.

Makarios Karosekali, Music & Video Director #1KaroBernyanyi, menegaskan konsep yang menyatukan seluruh penyanyi dengan garapan choir, adalah kerja idealis. “Semua orang di seluruh belahan dunia, dapat berpartisipasi,” jelas konduktor yang kini melayani-Nya di GBKP Pontianak, Kalimantan Barat tersebut.

Pada tayangan awal yang berlatar instrumen kulcapi Immanuel Sitepu, Lenny Santika Tarigan menjelaskan, apa yang dilakukan sebagai bentuk kecintaan pada Tanah Karo dan Indonesia.

Garapan awal tersebut diunggah di Facebook SIRA Community, YouTube Siracommunity dan IG Sira.community. “Semua kita orang berlatar Karo, diharap berpartisipasi,” tambah perempuan enerjik tersebut.

Pada tayang premiere 8 Maret pukul 20:30 WIB, dilukiskan Indonesia yang kaya raya dengan alam dan budaya indah, memiliki musik dan nyanyian menawan.

Tayangan 25 menit tersebut memadukan virtual choir. Selain aransemen musik nasional dan etnik Karo yang berkualitas, pengisi pun memakai uis gara. Lagu-lagu yang dibawakan seperti ‘Rayuan Pulau Kelapa’ ciptaan Ismail Marzuki dan sejumlah karya Djaga Depari yaitu ‘Tanah Karo Simalem’, ‘Mbuah Page’, ‘Nangkih Deleng Sibayak’, ‘Mejuah-juah’ mengetengahkan artis karo Lyodra Ginting, Tio Fanta Pinem, Averiana Barus, Darta Surbakti Melita Meliala, Mey Permata Tarigan, Plato Ginting, Siska Ferianita Meliala diiringi alunan musik serta tarian Karo menciptakan harmoni kidung yang mengingatkan kita akan indahnya Tanah Karo Simalem.

Terlihat sejumlah tokoh nasional berdarah Karo di antaranya Abetnego Panca Putra Tarigan SE MSi, Kolonel Inf Agustatius Sitepu SSos MSi, Prof Dr Budi Anna Keliat SKp MAppSc, Drs Makmur Keliat PhD dan Agita Mahlika Bangun. Para pesohor itu meminta seluruh warga Karo khususnya generasi penerus untuk tetap mempertahankan budaya sebagai mahakarya dari-Nya untuk dikembangkan dalam membangun Indonesia dan dunia. (T/R10/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com