Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Warga PA Gratia Children Perumnas Simalingkar Kenalkan Tenun Timor pada Ny Rita Panca Simanjuntak

Redaksi - Rabu, 20 Juli 2022 15:56 WIB
249 view
Warga PA Gratia Children Perumnas Simalingkar Kenalkan Tenun Timor pada Ny Rita Panca Simanjuntak
Foto: PA Gratia Children
KAIN TIMOR: Ketua Bhayangkari Sumut, Ny Rita Panca Putra Simanjuntak, berselendang kain Timor, Selasa (19/7) dalam melanjutkan kegiatan Bhayangkara Peduli di Panti Asuhan Gratia Children Perumnas Simalingkar Medan. <
Medan (SIB)
Ketua Bhayangkari Sumut, Ny Rita Panca Putra Simanjuntak, bersama rombongan, melanjutkan kegiatan Bhayangkara Peduli. Pada Selasa (19/7), mengunjungi sejumlah panti asuhan. Satu di antaranya ke Panti Asuhan Gratia Children di Perumnas Simalingkar Medan.

Ketibaannya disambut dengan menyelempangan kain tenun khas Nusa Tenggara Timur (NTT) atau tenun Timor. Panti asuhan tersebut diasuh Ev Yandri Laning STh yang berdarah NTT. Warga panti terdiri dari ragam latar belakang etnis yang ada di Nusantara.

Tenun Timor masuk dalam wastra Nusantara. Secara umum, kain asal NTT adalah tenun ikat tapi masuk terbagi dalam dua bagian utama.

Tenun ikat NTT, pembentukan motifnya dari proses pengikatan benang (namanya benang lungsi) yang kemudian dicelup warna.

Jenis tenun sesuai geografis dari Buna (Timor Tengah Utara) dan Lotis (dominasi Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Alor, Flores Timur, Lembata, Sikka, Ngada dan Manggarai).

Tenun Buna menggunakan menggunakan benang yang sudah diwarnai lebih dulu. Hampir sama dengan Lotis yang disebut songket, penuh warna. “Bagi warga NTT, pengalungan kain sebagai bentuk penghormatan pada tamu istimewa,” ujarnya.

Di kesempatan itu Tim Bhayangkari Peduli berdonasi bahan makanan. “Ketua Bhyangkari berpesan agar warga panti rajin belajar dan mengandalkan Tuhan,” tutup Ev Yandri Laning. (Facebook /R10/a)

Sumber
: KORAN SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru