Berawal dari Pesta Sabu, 6 Pria Diringkus dari Tempat Berbeda di Pematangsiantar


645 view
(Foto Dok/Humas Polres Pematangsiantar)
Diamankan: Keenam tersangka diantaranya inisial A, J, N, ES, R dan A bersama barang bukti sabu dan lainnya diamankan di ruang Satnarkoba Polres Pematangsiantar, Selasa (11/5/2021) malam
Pematangsiantar (harianSIB.com)
Petugas Satnarkoba Polres Pematangsiantar berhasil membongkar penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika jenis sabu yang melibatkan enam pria diringkus dari lokasi berbeda di Pematangsiantar.

Keenam pria itu diantaranya inisial A (58) warga Jalan Merdeka, Kecamatan Siantar Barat dan J (39) tinggal di Jalan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Utara. Sementara empat lagi yakni inisial N (30), ES (22), R (22) dan A (37) merupakan warga Perumahan Tozai Baru Jalan Viyata Yudha, Kecamatan Siantar Sitalasari.

"Penangkapan itu bermula saat petugas Satnarkoba Polres Pematangsiantar mendapatkan informasi empat pria inisial N, ES, R dan A dicurigai pesta sabu dan mengamankannya di salah satu rumah kosong di perumahan Tozai Baru di Jalan Viyata Yudha, Selasa (11/5/2021)," ujar Kasubbag Humas Polres Pematangsiantar, AKP Rusdi saat dihubungi via pesan aplikasi, Jumat (14/5/2021).

Dari penangkapan itu, petugas mengamankan sejumlah barang bukti berupa 2 plastik klip, 1 buah bong terbuat dari gelas minuman kemasan lengkap dengan pipet, 1 buah pipa kaca berisi bakaran sabu seberat 1,50 gram, 1 buah sendok terbuat dari pipet, 1 buah mancis lengkap dengan jarum sumbunya, 1 unit Hp merk Lenovo dan 1 unit Hp merk Oppo dari keempat tersangka N, ES, R dan A.

Masih kata dia, di tempat terpisah petugas mendapatkan informasi kembali adanya seorang pria inisial A sering menggunakan sabu di rumahnya di Jalan Merdeka, Selasa (11/5/2021) malam. Petugas tanpa membuang waktu bergerak ke lokasi alamat dimaksud dan menangkap tersangka A di rumahnya. Ia menerangkan dari penggeledahan di rumahnya di Jalan Merdeka, petugas mengamankan barang bukti berupa 1 buah pipa kaca bekas bakar yang berisi sabu dan 1 buah pipet.

Tak hanya itu, tersangka A mengaku masih ada menyimpan sabu miliknya dan dari dalam lemari di ruangan makan ditemukan 1 buah dompet yang didalamnya ada 1 paket sabu seberat 1,41 gram, kemudian dari atas papan di samping kamar mandi ditemukan 1 uit Hp dan 1 buah dompet warna hijau kuning di dalamnya ada 1 buah bong terbuat dari botol plastik, 2 buah sendok terbuat dari pipet, 1 buah mancis, 1 buah jarum sumbu, 5 buah potongan pipet dan 1 buah kompeng karet.

Setelah diinterogasi, tersangka A mengaku membeli sabu itu dari pria inisial J yang tinggal di Jalan Bah Kapul." Tersangka J kita amankan di rumahnya, Selasa (11/5/2021) malam sekira pukul 23.00 WIB. Dari hasil penggeledahan ditemukan dari kantong celana belakang sebelah kirinya uang penjualan narkotika jenis sabu sebesar Rp 900 ribu dan dari atas tempat tidur ditemukan 1 unit Hp merk Oppo," pungkasnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya itu sambung Rusdi, keenam tersangka bersama seluruh barang bukti dikumpulkan lalu dibawa ke kantor Satnarkoba Polres Pematangsiantar untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut, tandasnya. (*)

Penulis
: Andomaraja Sitio
Editor
: Robert/bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com