Bongkar Sindikat Peredaran Ganja dan Sabu di Siantar, Polisi Tangkap 4 Pelaku


3.731 view
Bongkar Sindikat Peredaran Ganja dan Sabu di Siantar, Polisi Tangkap 4 Pelaku
Foto: Dok/Humas Polres Pematangsiantar
DIAMANKAN: Empat tersangka inisial L, R, S dan D bersama barang bukti ganja, sabu dan lainnya saat diamankan di ruang Satres Narkoba Polres Pematangsiantar, Minggu (9/1/2022)
Pematangsiantar (harianSIB.com)

Petugas Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Pematangsiantar berhasil membongkar sindikat peredaran narkotika jenis sabu dan ganja dari lokasi berbeda di Kota Pematangsiantar.

Informasi diperoleh, dari pengungkapan itu empat tersangka masing-masing, L (56) dan R alias Parla (56), S (28) dan D (45), bersama sejumlah barang bukti narkotika disita petugas.

"Tersangka L warga Sipinggolpinggol kita tangkap duluan di Jalan Sitiotio, Kelurahan Setia Negara, Kecamatan Siantar Sitalasari. Kita kembangkan berhasil menangkap R di samping rumahnya di Kecamatan Siantar Utara," kata Kasubbag Humas Polres Pematangsiantar, AKP Rusdi saat dihubungi via selulernya, Senin (10/1/2022).

Dari tersangka L, kata Rusdi, ditemukan 1 gulungan plastik yang didalamnya ada narkotika jenis ganja seberat 29,39 gram. Juga ditemukan 1 unit handphone merk Nokia. Saat diinterogasi mengaku narkotika jenis ganja yang ditemukan didapatkan dari seorang laki-laki inisial R.

Petugas bergerak melakukan pengembangan dan berhasil menangkap R di samping rumahnya di Jalan Perjanjian, Kecamatan Siantar Utara, Sabtu (8/1/2022) siang. Dari penangkapan itu, petugas mengamankan satu gulungan kertas yang berisi narkotika jenis ganja. Kemudian petugas masuk ke rumah untuk menggeledah dan di temukan 1 gulungan plastik berisi narkotika jenis ganja.

Selain itu, ditemukan juga 1 plastik hitam yang didalamnya ada 1 gulungan kertas koran berisi narkotika jenis ganja, 1 lakban warna coklat dan 1 handphone merk Samsung.

"Total ganja seberat 29,86 gram diakui tersangka dibelinya dari B yang tinggal di Balige. Lalu dilakukan pengembangan terhadap B namun belum ditemukan," terangnya.

Masih di hari yang sama, petugas kembali menangkap seorang pria inisial S saat membawa narkoba di perumahan Herowin, Kecamatan Siantar Sitalasari. Dari tangan S, disita barang bukti 1 gulungan plastik hijau yang didalamnya ada 1 paket narkotika jenis sabu, 1 unit handphone merk Vivo, 1 unit handphone merk Xiaomi dan sepeda motor Yamaha Mio Soul BK 5680 TAL.

Saat diinterogasi, tersangka mengaku masih ada menyimpan narkotika jenis sabu di rumahnya di Kecamatan Siantar Martoba. Hasil penggeledahan petugas di lubang atap ruang garasi, tersangka mengambil 1 kotak mainan yang berisi 7 paket sabu yang masing-masing dibungkus plastik hijau dengan total berat 4, 28 gram.

Di tempat berbeda, tersangka inisial D, warga Karang Sari Simalungun, ditangkap di Jalan Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba, Sabtu (8/1/2022) malam. Tersangka diamankan saat mengendarai sepeda motor bersama barang bukti sabu yakni 1 gulungan plastik hijau berisi 1 paket narkotika jenis sabu, 1 unit handphone merk Vivo, 1 unit handphone merk Nokia.

Kemudian, Minggu (9/1/2022) dini hari, sekira pukul 02.00 WIB, tersangka dibawa petugas pengembangan ke rumahnya di Desa Karangsari, Kecamatan Gunung Maligas, Simalungun. Dari atas asbes di ruangan kamar mandi ditemukan 1 dompet warna hitam yang didalamnya ada 1 paket narkotika jenis sabu, 1 unit timbangan digital, 2 bungkus plastik klip kosong dan 1 sendok terbuat dari pipet plastik dengan total berat sabu 14,63 gram.

"Keempat tersangka bersama seluruh barang bukti sabu dan ganja telah diboyong ke Satres Narkoba Polres Pematangsiantar untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," katanya. (*)

Penulis
: Andomaraja Sitio
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com